Kamis, 31/08/2017

Banyak Potensi PAD Kurang Maksimal Digali

Kamis, 31/08/2017

siswadi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Banyak Potensi PAD Kurang Maksimal Digali

Kamis, 31/08/2017

logo

siswadi

SAMARINDA – Menjelang pengesahan APBD Perubahan, sumber pemasukan anggaran daerah justru tidak sesuai target. Padahal sebagai ibukota Kaltim, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) justru sangat besar dibandingkan dengan kota dan kabupaten lainnya. Menanggapi hal ini Wakil Ketua DPRD Samarinda Siswadi pun meyakini sistem yan terbangun di Pemkot Samarinda sudah benar.

“Hanya Political Will (kemauan) saja yang kurang. Kurang berpotensi apa Samarinda ini, bisnis kuliner sudah sangat menjamur, pasar tradisional, pusat perbelanjaan hingga perparkiran. Itu semua potensi PAD yang kurang dimaksimalkan saja,” ujar Siswadi 

Sehingga menurut  politisi PDIP ini, sistem perpajakan di Samarinda sudah terbangun terbangun dengan baik, hanya tingkat kemauan instansi pemungut PAD yang dinilai semakin lemah.

“Apalagi di tengah kondisi defisit ini. Harusnya bukan baterainya yang lemah tapi kita harus sama-sama mengambil hikmah dengan menggali potensi PAD yang lebih maksimal. Kita bisa melihat banyak sekali potensi-potensi yang kurang ditangkap harusnya bisa menambah PAD namun justru saat ini tidak dikelola dengan maksimal,” tuturnya.

Ia pun mengakui sudah beberapa kali memberikan saran agar semua sistem penarikan pajak dapat dilakukan secara online.

Khususnya bagi instansi pemungut yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Perhubungan dan instansi pemungut lainnya.

“Makanya saya tekankan ini bukan persoalan sistemnya tapi ini persoalan kemauan untuk serius menggali potensi PAD. Makanya harus ada evaluasi dari pimpinan pemkot dan bukannya mereka tidak tahu karena yang menduduki pemerintahan saat ini bukan juga orang baru jadi harusnya mereka pun paham bagaimana mengevaluasi hal ini,” demikian Siswadi. (ms)  


Banyak Potensi PAD Kurang Maksimal Digali

Kamis, 31/08/2017

siswadi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.