Sabtu, 23/09/2017

GPMB Kaltim Bentuk Tiga Kampung Literasi

Sabtu, 23/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

GPMB Kaltim Bentuk Tiga Kampung Literasi

Sabtu, 23/09/2017

SAMARINDA -  Lembaga nirlaba Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kalimantan Timur membentuk tiga Kampung Literasi untuk mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan luas, terampil, maju, dan mandiri melalui gemar membaca. 

“Tiga Kampung Literasi ini tersebar di Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Berau. Pembentukan Kampung Literasi tersebut berkat dukungan dan animo masyarakat di daerah masing-masing,” ujar Ketua GPMPB Provinsi Kaltim Encik Widyani.

Didampingi Pengurus Bidang Pengembangan Budaya Baca Endang Sri Rumiyati, Encik melanjutkan bahwa Kampung Literasi di tiga lokasi itu bahkan sudah difasilitasi oleh pemerintah pusat dengan membeli buku, sehingga masyarakat setempat langsung bisa memanfaatkan buku yang ada.

Dalam Kampung Literasi, lanjutnya, bukan sekedar mengadakan buku kemudian mendorong masyarakat membucanya, namun kegiatan literasi yang lain juga banyak seperti literasi keterampilan, literasi pemanfaatan teknologi dan upaya pengembangan teknologi.

Ia berharap dari adanya berbagai literasi yang terus dilatihkan sekaligus diberikan pemahaman, ke depan pola pikir warga bisa berkembang yang kemudian mampu meningkatkan kapasitas diri agar tingkat pemahaman maupun dalam menghadapi sesuatu cepat bisa merespon dengan bijak.

Gerakan minat baca, lanjutnya, harus terus didengungkan baik oleh pemerintah, lembaga terkait, maupun keluarga. Apalagi disadari bahwa peran keluarga merupakan hal yang utama dalam mengajak anak-anak menyukai membaca.

Sedangkan untuk keberadaan Kampung Literasi, diyakini akan menambah perluasan akses informasi kepada masyarakat, membudayakan minat baca, mengembangkan sikap positif, dan mengembangkan keterampilan.

Ia mencontohkan, salah satu Kampung Literasi di Samarinda yang berlokasi di Jalan Pelita 7, tepatnya di Kecamatan Sambutan, hingga kini masyarakatnya mulai anak-anak hingga orang dewasa aktif datang membaca, termasuk aktif melakukan berbagai kegiatan literasi lainnya. (ant)


GPMB Kaltim Bentuk Tiga Kampung Literasi

Sabtu, 23/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.