Kamis, 05/10/2017

Perpusda Kaltim kembali Buka Pelayanan di Akhir Pekan

Kamis, 05/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Perpusda Kaltim kembali Buka Pelayanan di Akhir Pekan

Kamis, 05/10/2017

SAMARINDA - Setelah pada Januari 2017 lalu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menghentikan pelayanan pada akhir pekan, kini Perpustakaan Daerah Kaltim tersebut kembali membuka layanan itu kepada masyarakat.  Kepala Bidang Informasi dan Otomasi Layanan Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Taufik membeber, hal ini karena Perpustakaan yang berada di Jl Juanda Samarinda itu mendapatkan anggaran dari Pemprov Kaltim sebanyak Rp300 juta.

“Kami mengajukan permohonan tambahan anggaran melalui APBD Perubahan untuk kegiatan peningkatan layanan, karena keterbatasan anggaran pemprov, jadi sebenarnya kami sudah lama ajukan permohonan tapi baru bisa disetujui masuk di APBD-P,” ujarnya dihubungi Koran Kaltim Kamis (5/10) kemarin.

Ia membeber, dana yang ada tersebut dapat mebiayai program peningkatan pelayanan atau jam buka Perpustakaan Daerah Kaltim hingga 31 Desember 2017 mendatang.  namun demikian, ia mengaku belum  bisa memastikan apakah di tahun selanjutnya masih bisa mendapatkan alokasi tambahan.

Penggunaan tambahan anggaran tersebut, kata Taufik akan digunakan untuk belanja pegawai.  “Anggaran Rp300 juta itu, untuk honorarium petugas jaga yang lembur karena mereka bekerja di luar jam kerja.   Tapi output-nya untuk kepentingan masyarakat,” paparnya.

Namun demikian, ia mengatakan bahwa sedianya anggaran itu tak sepenuhnya memenuhi apa yang diajukan sebelumnya.  Pasalnya, kebutuhan untuk belanja pegawai mencapapai Rp400 sampai Rp500 juta.  

“Untuk ajuannya sebenarnya terhitung untuk Agustus, jadi kami mengajukan sekitar Rp600 juta, tapi kami memaklumi kondisi keuangan Pemprov, yang terpenting adalah pelayanan ditingkatkan,” urainya.

Dengan tambahan anggaran itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya penambahan jam layanan yang ada.  Pasalnya ia mengatakan bahwa sejak jam layanan pada akhir pekan dan malam tersebut dihentikan pada Januarib hingga September lalu, banyak keluhan dari masyarakat yang mengaku hanya bisa mengunjungi Perpusda pada jam-jam pulang kantor ataupun pada akhir pekan.

“Silakan dikunjungi, ini agak berbeda dengan sebelumnya karena di hari Sabtu kami buka dari pukul 09.00 pagi samkpai 21.00 malam, jadi lebih panjang.  Minggu juga kami tetap buka,” tandasnya. (rs)


Perpusda Kaltim kembali Buka Pelayanan di Akhir Pekan

Kamis, 05/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.