Jumat, 27/10/2017

Kemampuan Sektor Usaha Mulai Membaik

Jumat, 27/10/2017

Habibullah

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kemampuan Sektor Usaha Mulai Membaik

Jumat, 27/10/2017

logo

Habibullah

SAMARINDA - Kepala BPS Kaltim M Habibullah memprediksi, sektur usaha akan mengalami perbaikan pada semester pertama 2018 mendatang. Meski kenaikannya tak siginifikan, namun ia mengatakan hal tersebut mampu memperbaiki kemampuan sektor usaha untuk memenuhi pembayaran Upah Minimum Provinsi (UMP) Kaltim yang tahun depan mengalami kenaikan mencapai 8,71 persen.

“Prediksi kami di 2018 juga akan tetap mengalami perbaikan. Jadi kemampuan pengusaha sendiri untuk merealisasikan UMP ini dimungkinkan. Presentasinya sekitar 0,2 persen lah,” katanya ditemui di Samarinda belum lama ini.

Ia mengatakan, untuk itu sektor usaha mesti melakukan diversifikasi pasar. Seperti diketahui, lanjut dia, saat ini 70 persen ekonomi di Kaltim masih dibentuk oleh sektor tambang batubara dan migas. 

Karenanya ketika harga dua sektor tersebut naik, dan demand (permintaan) akan dua sektor tersebut naik maka, ekonomi Kaltim juga akan mengalami kenaikan.

“Pengusaha juga bisa melakukan diversifikasi pasar eksport, untuk bisa memperbaiki penjualan, dan saya rasa potensi demand-nya ada. Jadi kenaikan tergantung diversifikasinya pengusaha sendiri ya,” ujarnya.

Sementara itu, pertimbangan pemerintah dalam menetapkan UMP juga sudah tepat. Dimana memperhatikan daya beli yang nyata. 

Penggunaan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional sebagai faktor penghitung dalam formulasi penetapan UMP,kata dia sudah tepat.

“Itu menggambarkan keadaan di masyarakat, inflasi itu kan cerminan harga. Komparasi dengan petumbuhan ekonomi. Saya kira penetapan UMP kan perlu memperhatikan titik keseimbangan, antara kesejahteraan pekerja dan kepentingan sektor usaha,” tandasnya. (rs)


Kemampuan Sektor Usaha Mulai Membaik

Jumat, 27/10/2017

Habibullah

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.