Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Sambut Ekonomi Syariah, BI Siapkan SDM

Sambut Ekonomi Syariah, BI Siapkan SDM


korankaltim
korankaltim
2016-10-20 05:00:54
Sosialisasikan Buku Perjalalanan Perbankan Syariah



SAMARINDA – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Timur menggelar Seminar Sosialisasi “ Buku Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia”, di gedung Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) Selasa (18/10). Seminar diikuti oleh sekitar 350 orang peserta yang berasal dari dosen dan mahasiswa dari Unmul dan IAIN Samarinda.

Asistant Manager Unit Komunikasi dan Koordinasi kebijakan BI Kaltim Dirwanta Firsta, menjelaskan, buku perjalanan perbankan syariah tersebut merupakan hasil karya dari tim riset BI. Kemudian dalam rangka sosialisasi, BI melakukan roadshow ke seluruh Indonesia.

Buku tersebut berisi potret dari bagaimana perbankan syariah di Indonesia mulai terbentuk hingga menjadi salah satu kiblat dan model masyarakat dunia global untuk perekonomian syariah.

“Lalu kenapa kita melakukan sosialisasi di kampus, karena kita ingin buku ini jadi acuan bagi para dosen dan pengajar, selain itu mahasiswa juga kita libatkan. Karena nanti pada akhirnya merekalah yang akan terjun dan menjadi pelaku di dunia perbankan syariah,” ujar Dirwan selepas acara.

Menurutnya, salah satu yang juga disampaikan adalah tentang bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya akan menjadi pelaku industri perbankan syariah. Dimana diharapkan, dengan perkembangan perbankan syariah yang cukup pesat, jangan sampai SDM lokal justru tergilas oleh pesaing dari negara tetangga, yang sangat dimungkinkan melalui Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kecuali dosen dan mahasiswa, dihadirkan pula 5 perbankan syariah yang ada di Samarinda.

Dirwan menuturkan, dari data BI, di tengah perlambatan ekonomi yang terjadi, perbankan syariah tetap mengalami pertumbuhan sebesar 3,6 persen di triwulan kedua tahun 2016. Bahkan dalam 10 tahun terakhir, dari sisi total kredit pembiayaannya sudah bertumbuh sebanyak 280 persen.

“Di satu sisi memang secara market share-nya masih kecil, tapi potensinya besar,” sebutnya. (rs616)

loading...

baca LAINNYA