Home >> Utama >> Sang Juara Kalah Mental
PUTRA SIMEONE: Dua kali menjebol gawang Buffon, membuat GIovanni Simeone (9) jadi man of the match bagi Genoa.
PUTRA SIMEONE: Dua kali menjebol gawang Buffon, membuat GIovanni Simeone (9) jadi man of the match bagi Genoa.

Sang Juara Kalah Mental

Genoa   3-1   Juventus

GENOA – Juventus gagal memperlebar jarak dengan rival mereka di Serie A. Disaat AC Milan dan AS Roma meraih kemenangan, Bianconeri malah terpuruk dengan kekalahan telak 3-1 atas tuan rumah Genoa di Estadio Luigi Ferraris Minggu (27/11) malam lalu.
Bahkan kampiun Italia musim lalu ini tertinggal tiga gol lebih dulu sebelum akhirnya mencetak satu gol hiburan.
Ini menjadi kekalahan kedua Juve di sepanjang Serie A musim ini. Meski posisi mereka di puncak klasemen belum bergeser, namun selisih dengan Roma dan Milan jadi tipis, beda empat angka.
Adalah putra dari pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, yaitu Giovanni Simeone, yang jadi bintang kemenangan Il Griffone alias Si Jerapah. Giovanni mencetak dua gol menit ketiga dan ke-10, diperbesar bunuh diri bek Juve Alex Sandro menit 29. Satu-satunya gol tim tamu dicetak Miralem Pjanic menit 82.
Massimiliano Allegri mengakui Juventus tampil di bawah standar kala melawan Genoa, dari sisi permainan dan juga mentalitas. Sejak start Juve sudah amat buruk. “Ada 25 pelanggaran (sic) dari Genoa dan delapan dari kami. Ketika itu statistiknya, mustahil untuk memenangi sebuah laga sepakbola,” kata Allegri kepada Sky Sport Italia.
“Kami sejak awal tahu Genoa itu berat dan harus bermain di level mereka secara fisik. Tapi babak pertama itu sangat buruk. Babak kedua lebih baik dan itu sudah terlambat. Ini adalah kemunduran, mungkin setelah lolos Liga Champions ada penurunan di level konsentrasi,” kaanya.
“Kami kebobolan tiga gol dari kotak enam yard. Sekali lagi, Anda akan kalah kalau melakukan itu. Di setiap musim ada momen terpeleset dan ini adalah momen kami. Karena babak pertama kami sungguh absen. Tidak ada alasan untuk start macam itu,” imbuhnya seperti dikutip Football Italia.
Tak sekadar kalah, Juve juga harus kehilangan bek andalan Dani Alves yang cedera patah kaki. Beberapa media Italia menyebut Alves paling tidak akan absen sampai empar bulan. Bukan cuma Alves yang cedera pada pertandingan itu. Leandro Bonucci juga harus ditarik keluar pada babak pertama akibat masalah pada otot pahanya.
Namun Alves meluruskan bahwa cederanya tidak seserius itu. “Cederaku tidak seserius yang diberitakan di internet. Aku akan segera kembali seperti biasanya, menikmati profesiku dengan seluruh dedikasi yang sudah membantuku meraih sebuah karier yang solid dan sukses. Terima kasih sekali atas kebaikan hati kalian,” kata mantan bek Barcelona itu.
Sementara Giovanni Simeone mengaku sudah diprediksi sang ayah untuk mencetak gol. “Sebelum pertandingan aku ngobrol dengan ayahku, tapi bukan soal bola. Tapi dia sempat bilang aku akan bikin gol ke gawang Juventus,” ungkap Simeone..
“Aku siap untuk apapun. Kalau ada kesempatan, aku akan mengambilnya. Kita lihat saja apa yang akan terjadi nanti. Tapi saat ini aku senang berada di sini dan belajar dari pemain-pemain lain seperti Pavoletti, pelatih, dan semuanya,” ucap pria kelahiran 5 Juli 1995 di Madrid ini, (fi/mar)