Home >> Hukum & Kriminal >> Satpol PP Amankan Anak Terlantar

Satpol PP Amankan Anak Terlantar

BALIKPAPAN- Seorang bocah laki-laki berinisial SS (12) diduga menjadi korban human trafficking. Dia  ditemukan terlantar oleh sekuriti Balikpapan Super Block (BSB), Kamis (24/11).
SS bocah asal Kabupaten Buol, Sul-teng  ini kemudian dibawa ke Polsek Balikpapan Selatan, kemudian di-serahkan lagi ke Satpol PP. Bocah ini ditemukan seorang diri dengan pakai-an yang kotor layaknya gelandangan. SS mengaku diajak kerja ke Balik-papan untuk memanen kebun cengkeh oleh seseorang yang dia panggil Om. “Dia tetangga saya dan mengaku sau-dara saya. Jadi saya diajak kemari untuk panen kebun cengkeh,”ceritanya kepada petugas Pol PP di sentra pelayanan.
Tanpa mengenakan alas kaki, SS sulit menceritakan kejadian yang me-nimpa dirinya secara gamblang, ter-masuk menolak menunjukan tempat kosnya. “Ada tempat kos saya satu kilo dari tempat mall itu. Tapi kalau saya tunjukan saya bisa dipukul. Saya diancam dipukul pakai ban pinggang,” ujarnya.
Bahkan SS sempat disambangi oleh anggota DPRD kota Ali Munsyir ,man-tan Kabag Humas yang kini menjadi politisi Demokrat ini. “Ini harus diusut tuntas kita coba koordinasikan dengan Dinas Sosial dan kepolisian. Bisa saja ini dia korban trafficking,” ujarnya
Terpisah, Kepala Satpol PP Balik-papan, Freddy Pasaribu membenar-kan SS ditemukan terlantar dan sela-ma seminggu ini tidur di dekat kawasan BSB. Menurutnya kasus anak terlantar di Balikpapan tidak banyak. Berbeda dengan anjal dan gelandang yang masih marak terjadi di Balikpapan. “Dia ini terlantar, beda dengan gelandangan dan pengemis. Kalau anak terlantar ini tempat tinggalnya tidak jelas,” katanya. (din)