Breaking News
Home >> Hukum & Kriminal >> Satpol PP Pulangkan Dua WTS

Satpol PP Pulangkan Dua WTS

BALIKPAPAN- Petugas Satpol PP Balikpapan memulangkan dua Wanita Tuna Susila (WTS) yang ditangkap tim gabungan Satpol PP, TNI dan Polri di eks lokalisasi Manggar Sari, Balikpapan Timur, beberapa waktu lalu.
Dua WTS tersebut Diana (26) dan Mila (28) asal Jember diterbangkan menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 367 tujuan Surabaya. Petugas Satpol PP mengantar keduanya hingga naik ke atas pesawat. Setelah memastikan mereka naik dan pesawat lepas landas, barulah petugas Satpol PP yang mengantarnya kembali ke kantor Satpol PP.
“Dari hasil penyelidikan dan interogasi yang kita lakukan, ternyata dari tiga wanita yang kita amankan dua terindikasi merupakan WTS, sedangkan satunya hanya tukang masak saja di rumah tersebut,” terang Kasat Pol PP AKBP Freddy Pasaribu melalui Kasi Operasi Subardiyono, kemarin.
Sebelum dipulangkan para WTS ini terlebih dahulu di sidang. Pihaknya juga memberikan peringatan agar mereka tidak kembali lagi menjajakan diri baik di eks lokalisasi Manggar Sari maupun di tempat lainnya.
Mereka dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing dengan menggunakan biaya dari mucikari yang membawa mereka. “Sudah menjadi konsekuensi mereka dipulangkan dengan menggunakan biaya sendiri atau dari mucikari mereka. Ini juga salah satu cara kita agar mereka jera,” tegasnya.
Untuk bangunan yang dijadikan sebagai tempat prostitusi akan dilakukan penertiban untuk dilakukan pembongkaran. Karena dari kesepakatan dengan kecamatan dan kelurahan di setiap bangunan hanya boleh ada tiga kamar, jika lebih dari yang ditentukan akan dilakukan penertiban berupa pembongkaran.
“Kita akan tinjau lagi ke sana untuk mengecek, kita akan melakukan pembongkaran karena sudah terbukti di salah gunakan,” bebernya.
Pemantauan akan terus dilakukan di kawasan Manggar Sari, pihaknya juga selalu menerima informasi jika masyarakat memberikan informasinya. “Kita akan tetap merahasiakan identitas yang memberikan informasi ke kami, dan kita juga menunggu informasi itu,” tandasnya.(yud)