SDN 007 Sungai Kunjang Giatkan Ekskul Kesenian


korankaltim
korankaltim
2016-10-10 05:00:10
Ekskul Olahraga Sepi Peminat



SAMARINDA – Meningkatkan kewaspadaan terhadap maraknya kasus kriminal yang melibatkan anak-anak remaja di bawah umur, serta hal-hal buruk yang disebabkan degradasi moral sebagian generasi bangsa, SDN 007 Sungai Kunjang memaksimalkan kegiatan ekstra dengan menyisipkan pembiasaan peningkatan kualitas moral siswanya dengan menjadwalkan kegiatan ceramah agama, majelis taklim, hingga ekstrakurikuler seni Islami.

Kepala SDN 007 Sungai Kunjang Ahmad Rojali menjelaskan, SDN 007 Sungai Kunjang yang tadinya memiliki beberapa item kegiatan ekstra seperti, pencak silat, futsal, Pramuka dan lainnya, kini lebih memfokuskan kepada kegiatan yang sifatnya bisa secara simultan, mengajarkan siswa untuk lebih membentengi diri dari ancaman buruknya pengaruh dari lingkungan.

Untuk itu, kegiatan seperti habsyi dan majelis taklim lebih gencar dijadwalkan oleh pihak sekolah. Dan kegiatan ekstra yang lain seperti, pencak silat dan lainnnya, meskipun tidak serta merta ditutup namun siswa lebih diarahkan mengikuti kegiatan majelis taklim dan habsyi.

“Dulu itu memang ada pencaak silat, tetapi peminatnya kurang, sehingga saat ini kami lebih fokus pada, kegiatan yang sifatnya membentengi siswa dari pengaruh buruk lingkungannya,” ujar Ahmad ditemui Koran Kaltim Sabtu (8/10) lalu.

Menurut Ahmad, SDN 007 hanya memiliki 7 siswa yang non muslim, hal Ini kemudian membuat kegiatan majelis taklim dan habsyi bisa lebih efektif. Namun demikian, siswa yang non muslim tersebut juga tidak serta merta diabaikan, namun tetap diberikan pengarahan.

Untuk kegiatan majelis taklim dilaksanakan satu pekan sekali setiap hari Jumat. Melibatkan semua elemen sekolah, mulai dari guru, siswa, hingga staf administrasi. Sementara itu untuk kegiatan ekstra habsyi, masih dalam perencanaan, mulai dari hari pelaksanaannya, hingga guru yang membimbing. Tetapi, Ahmad menuturkan bahwa untuk peralatan pendukung, alat musik, hingga tempat latihan sudah tersedia.

“Rebananya sudah saya siapkan. Gurunya sudah ada, tempatnya bebas bisa di musala, kan kita punya musala sekolah yang cukup besar juga. Semuanya sudah siap tinggal pelaksanaannya saja,” paparnya.

Ahmad berharap, dengan kegiatan tersebut, tidak hanya tujuan utamanya saja yang kelak bisa tercapai, yaitu memberikan alternatif kegiatan positif kepada siswa, agar terhindar dari pergaulan yang buruk. Namun, diharapkan melalui kegiatan ekstra ini bisa juga menghasilkan prestasi yang membanggakan.

“Karena setiap tahun ini kan ada lombanya, jadi juga kita berharap bisa meraih prestasi,” sebutnya.

Kecuali itu, ia menambahkan, sekolah yang memiliki sekitar 400 orang siswa tersebut, baru-baru ini telah memenangkan turnamen futsal tingkat Kecamatan Sungai Kunjang. (rs616)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 week ago | dibaca 194 kali
img
korankaltim
korankaltim
2 weeks ago | dibaca 105 kali
img