Breaking News
Home >> Headline >> Sejak 1945, Merah Putih Berkibar Lagi
NAPAK TILAS: Ratusan personel TNI AD, AL, Polri, Satpol PP dan ormas di PPU saat napak tilas menuju Nenang, lokasi bersejarah, tempat pertama Bendera Merah Putih berkibar di Kaltim, sebelum kemerdekaan, Rabu (5/10).
NAPAK TILAS: Ratusan personel TNI AD, AL, Polri, Satpol PP dan ormas di PPU saat napak tilas menuju Nenang, lokasi bersejarah, tempat pertama Bendera Merah Putih berkibar di Kaltim, sebelum kemerdekaan, Rabu (5/10).

Sejak 1945, Merah Putih Berkibar Lagi

Napak Tilas HUT ke-71 TNI ke Lokasi Perjuangan Nenang

PENAJAM – Ada yang berbeda pada peringatan HUT ke-71 TNI di Makodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (5/10). Selain gelar upacara gabungan dirangkai napak tilas sepanjang 5 Kilometer (Km) menuju lokasi perjuangan warga PPU tahun 1945, yakni Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam itu dipimpin Komandan Kodim 0913/PPU, Letkol Czi Adi Suryanto diikuti anggota TNI AD, TNI AL, Polri dan Satpol PP serta Ormas dan BPBD PPU.
Nenang menjadi lokasi pertama kali pengibaran Merah Putih di Kaltim, sebelum diumumkannya Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam.
“Napak tilas sebagai momentum mengenang dan menghargai jasa para pejuang bangsa Indonesia hingga meraih kemerdekaan. Tema HUT TNI tahun ini, Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat dan Profesional. Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian,” kata Adi Suryanto kepada awak media di PPU, Rabu (5/10).
Tak hanya itu, Adi juga membeber sejarah Kodim 0913/PPU telah berusia 1,5 tahun. Meski diakui perlu tambah fasilitas. memang fasilitas yang ada perlu dibenahi, namun terbukti dengan kebersamaan anggota, masyarakat dan Pemkab serta lembaga lain untuk bersinergi.
“Segala sesuatu harus disesuaikan dengan kondisinya kita tidak menuntut banyak, apa yang bisa dikerjakan tetap semangat,” tegasnya.
Saat membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmayanto, Dandim menyatakan apresiasi tinggi terhadap personel TNI yang selama ini dinilai berperan aktif di masyarakat. Salah satu prestasi patut diacungi jempol, yakni keterlibatan personel TNI membantu penanganan bencana alam. “Sukses kita sebagai kesatuan TNI yang cukup membanggakan adalah berhasilnya TNI dengan segenap bantuan masyarakat menjalankan operasi Tinombala. operasi penanganan teroris di Poso,” ungkapnya. (nav)