Breaking News
Home >> Bontang - Kutim >> Sekretariat Korpri Tak Masuk Daftar Perda OPD
ILUSTRASI upacara PNS berseragam Korpri. Di Kutai Timur, Sekretariat Korpri tidak masuk dalam daftar organisasi perangkat daerah
ILUSTRASI upacara PNS berseragam Korpri. Di Kutai Timur, Sekretariat Korpri tidak masuk dalam daftar organisasi perangkat daerah

Sekretariat Korpri Tak Masuk Daftar Perda OPD

SANGATTA – Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kutai Timur, sudah disahkan, dan otomatis mulai tahun 2017 mendatang, dalam struktur OPD di Kutim mendatang bakal ada 2 sekretariat seperti Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD, inspektorat wilayah, 5 Badan dan 27 dinas, 18 kecamatan dan 2 kelurahan di Kutai Timur.
Namun yang hilang dan tidak masuk dalam daftar itu adalah Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Lembaga yang merupakan induk pegawai negeri sipil (PNS) itu, saat ini belum memiliki kejelasan status, apakah masih ada dan masuk dalam perangkat daerah atau dihapuskan. Hal ini diungkapkan Sekda Kutai Timur Irawansyah, yang juga selaku Ketua KORPRI Kutai Timur .
Menurut dia, jika dalam pengesahan Perda OPD Kutim yang baru, kedudukan Sekretariat KORPRI tidak masuk dalam daftar perangkat daerah yang disahkan. Namun dia akan segera berkonsultasi dengan pihak provinsi serta bersurat kepada Kemendagri, terkait keberadaaan lembaga KORPRI ke depannya.
“Jika mengacu pada Undang-undang 23 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, status Sekretariat Korpri tetap ada atau malah dihapuskan,” kata Irawansyah, Selasa (22/11).
Lanjutnya, jika saat ini merupakan organisasi struktural ada kemungkinan kedepannya Sekretariat KORPRI bukan lagi menjadi struktural atau di luar pemerintahan. Namun keberadaannya tetap berada langsung di bawah Sekretaris Kabupaten (Sekkab) sebagai Ketua KORPRI, yang tugasnya membantu dalam pembinaan PNS.
“Sementara jika harus menjadi organisasi bentukan Pemda sendiri, maka dasar hukum sebagai rujukannya hingga saat ini akan dicarikan kepada Kemendagri,” pungkasnya. (sab)