Sektor UKM Paling Tahan Krisis


korankaltim
korankaltim
2016-10-14 21:10:53
BALIKPAPAN – Marks Plus bersama pemerintah kota menggelar gebyar UKM di rumah jabatan Walikota, Kamis (13/10). Sejumlah pelaku UKM lokal Balikpapan memamerkan usahanya seperti kerajinan tangan batik, tas hingga makanan dan minuman. Gebyar UKM ini juga dirangkai dengan seminar dengan tema membangun kewirausahaan lokal

Ketua Penggerak PKK Balikpapan Arita Rizal Effendi mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat meneruskan usahanya hingga anak cucunya, mengingat UKM merupakan sektor usaha yang mampu bertahan di tengah kondisi krisis.

Menurutnya, kondisi seperti ini menjadi momentum UKM untuk bangkit, ekonomi daerah seperti Kaltim selama ini dikenal sangat mengandalkan sumber daya alam. Belum lagi imbas defisit yang terjadi pada APBD kota yang membuat sejumlah proyek fisik tertunda. “UKM yang sudah eksis bisa dikembangkan dengan memperluas jaringan dan memperbaiki kemasan, menggali ide-ide baru,” ungkapnya saat membuka acara Gebyar UKM.

Ia juga mengharapkan pelaku usaha seperti UKM ini dapat diturunkan ke anak cucunya, dan tidak putus pada orangtuanya saja. Namun inovasi dan pengembangan produk harus terus dilakukan agar seiring dengan perkembangan zaman “Seperti daerah Padang, Yogya, Solo pelaku usahanya itu bisa diturunkan ke anak dan cucunya setelah anak dan cucunya selesai mengembang pendidikan. Balikpapan juga harus bisa, semoga UKM ini bisa menjadi profesi yang bisa kita turunkan pada anak cucu,” imbuhnya istri Walikota Rizal Effendi ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Doortje Marpaung mengatakan dengan meningkatnya kualitas produk UKM lokal maka akan berdampak positif pada kesejahteraan rakyat khususnya terutama bagi keluarga pelaku usaha dan masyarakat. “Harapannya akan banyak wirausaha ataupun UKMyang tumbuh dan mampu bertahan di tengah persaingan,” tambahnya.

Di Balikpapan saat terus tumbuh jumlah pelaku usaha UKM. Meski belum tercatat secara pasti namun pembinaan pelaku usaha tetap dilakukan oleh pembinaan pemkot bekerjasama dengan Dekranasda Balikpapan serta perusahaan-perusahaan. (din)

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 week ago | dibaca 56 kali
img
korankaltim
korankaltim
3 weeks ago | dibaca 67 kali
img