Published On: Jum, Sep 13th, 2013

Selimau Jadi Sentral Peternakan Sapi

TANJUNG SELOR- Selimau jadi sentral peternakan sapi, hingga saat ini populasi sapi  yang ada di Bulungan mencapai 5.600 ekor dengan peternak sebanyak 1.600 kepala keluarga. Mayoritas peternakan sapi menggunakan sistem perkawinan silang atau inseminasi buatan (IB),  yang beberapa tahun terakhir ini fokus terhadap peternakan tersebut.
Kabupten Bulungan mempunyai potensi sapi cukup besar yang mampu memenuhi permintaan pasar lokal, seperti Pasar Induk Tanjung Selor. Namun demikian, kenyataannya banyak pedagang sapi  yang tidak menyanggupi untuk membeli daging sapi tersebut.
Pasalnya, harga yang ditawarkan cukup mahal, mencapai puluhan juta, sehingga para pedagang banyak yang mengambil dari luar Kabupaten Bulungan, seperti dari Nusa Tenggara Timur dengan harga murah dan ukuran sapi standar.
Hal ini akhirnya berpengaruh terhadap harga daging sapi yang beberapa bulan terakhir mencapai sekitar Rp120 ribu per kilogramnya. Hal itu dipengaruhi biaya angkut yang mengalami kenaikan, dampak dari naiknya harga bahan bakar minyak ( ÂÂÌ ) beberapa waktu lalu.
Harto Sondak, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan mengatakan, harga sapi hidup di Bulungan paling tinggi bisa mencapai Rp38 juta. Itu harga sapi  yang dipertenakkan dengan cara kawin silang alias insiminasi buatan. “Dari cara itu, dapat menghasilkan berat sapi hidup hingga 1 ton, sedangkan sapi biasa hanya memiliki berat sekira 250-400 kilogram,” katanya. (nur913)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web