Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Seluruh SKPD Sudah Bentuk PPID

Seluruh SKPD Sudah Bentuk PPID

TENGGARONG – Pejabat Pe-ngelola Informasi Daerah (PPID) sudah ada di SKPD-SKPD di lingkup Pemkab Kutai Kartanegara. PPID dibentuk sebagai upaya ke-terbukaan informasi publik (KIP).
Kabag Humas dan Protokol Setkab Kukar, Dafip Haryanto mengatakan tim PPID masing-masing diketuai oleh Sekretaris SKPD yang dikoordinir oleh Diskominfo Kukar. PPID memiliki tugas menyediakan informasi daerah yang sesuai dengan kebutuhan publik.
“PPID sudah terbentuk di SKPD-SKPD sejak tahun lalu yang diketuai sekretaris SKPD, untuk lingkungan sekretariat kabupaten diketuai Asisten IV Setkab Kukar,” Dafip kepada Koran Kaltim, beberapa waktu lalu.
Menuruf Dafip, PPID bertugas menyediakan data dan informasi daerah sebagai upaya keterbukaan informasi publik. Masyarakat yang membutuhkan data dan informasi bisa menghubungi PPID masing-masing SKPD.
“Semua data yang bersifat tidak rahasia pasti akan disampaikan ke publik. Ini komitmen pemerintah dari tingkat pusat sampai di daerah kabupaten,” jelasnya.
Sementara itu, PPID Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar Sri Ridhayani mengaku selalu berusaha menjalankan aktivitas sehari-hari dengan membaca media cetak agar pengumpulan informasi menjadi lebih optimal.
“Membaca informasi terkini tentang kepegawaian amat penting bagi PPID BKD yang ada di daerah,” ujarnya.
PPID Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kukar Dadang S mengatakan, pihaknya sangat terbuka bagi siapa saja yang membutuhkan informasi. “DPK sangat mendukung keterbukaan informasi bagi publik,” terang-nya.(ran415)