Sempat Berkeinginan Jadi Tentara

0
1
Muhammad Reza Pratama

Lebih Dekat dengan Reza Pemeriksa Pajak

MENGABDI kepada Negara bisa jadi banyak diimpikan oleh hampir sebagian besar orang, apalagi jika bisa bekerja sebagai abdi negara, mendedikasikan hidup untuk kepentingan negara. Hal itulah yang dilakukan oleh Muhammad Reza Pratama, atau yang akrab disapa Reza. Berawal dari cita-citanya yang ingin menjadi seorang tentara namun akhirnya kini menjadi seorang pemeriksa pajak.
Mengawali karir didunia perpajakan dengan menjadi staf bagian umum di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda pada tahun 2013, lulusan Sekolah Akuntan Negara (STAN) tahun 2011 ini, kini telah diangkat menjadi petugas pemeriksa pajak.
Pria kelahiran Garut 24 Februari 26 tahun lalu ini, mengatakan menjadi seorang akuntan pajak yang bertugas memeriksa para wajib pajak, dan memberikan konseling menge-nai kewajiban untuk mem-bayar pajak tersebut diakuinya sebagai wujud pengabdiannya kepada negara.
“Cita-cita saya dari dulu sebenarnya ingin menjadi tentara, tapi jalan hidup ternyata mengatakan lain, dan membawa saya ke jalur ini,” ujar Reza.
Tugas mengingatkan orang untuk selalu mematuhi kewajiban untuk membayar pajaknya, jadi bukanlah pekerjaan yang tanpa resiko. Pasalnya ada saja orang yang belum bisa menerima ketika diingatkan mengenai kewajibannya untuk negara.
Namun demikian, Reza mengatakan, ia belum pernah menemui wajib pajak yang melakukan tindakan yang diluar batas.
Tidak hanya itu, stigma negatif masyarakat tentang orang yang bekerja didunia perpajakan terkadang harus diterima.
“Padahal kita setiap hari berusaha sekuat tenaga untuk mengumpulkan penerimaan pajak,” tuturnya.
Namun demikian, bukan berarti tidak ada hal menyenangkan pada pekerjaan ini. Reza juga menuturkan, sebagai petugas dan abdi negara, mereka sewaktu-waktu harus siap ditempatkan untuk bertugas di daerah lain, mengenal daerah baru, dan menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk mengumpulkan uang negara dikatakan Reza memberikan kebanggaan tersendiri.
Lebih lanjut, Reza mengatakan salah satu tantangan profesi ini adalah masih rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai perpajakan, membuat pekerjaan para pengumpul pajak menjadi lebih berat, karena tidak hanya mengumpulkan tapi juga sambil terus mengedukasi masyarakat.
Namun dengan adanya tax amnesty yang saat ini tengah di dengungkan oleh pemerintah, menjadi salah satu momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kewajiban akan membayar pajak.
“Pekerjaan kami, tidak hanya sekedar mengumpulkan, tapi juga mengedukasi masyarakat, “ pungkas Reza. (rs616)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here