Sharapova Segera Kembali

0
1
TETAP LATIHAN: Setelah sempat dirundung kecewa, Maria Sharapova bisa sedikit bernapas lega seiring dengan remisi atas hukuman yang diberikan kepadanya.

LAUSANNE – Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengabulkan permintaan Maria Sharapova untuk mengurangi hukuman dari dua tahun menjadi 1,5 tahun seperti disampaikan Federasi Tenis Internasional (ITF) baru-baru ini.
Dalam pernyataan resmi ITF, ada empat alasan yang mendasari CAS mengurangi hukuman Sharapova. Salah satunya petenis berambut pirang tidak pernah menerima informasi atau pun peringatan tentang perubahan status Meldonium sebagai obat terlarang dari WADA, ITF, atau WTA.
“Sharapova telah menggunakan Meldonium selama sepuluh tahun tanpa masalah anti-doping. Sharapova telah berkonsultasi dengan dokter Anatoly Skalny yang meresepkan Meldonium untuk alasan medis, bukan untuk meningkatkan kinerja. Poin terakhir adalah, dia mengakui kesalahannya menggunakan meldonium kepada publik dan siap bertanggung jawab,” demikian pernyataan resmi ITF seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/10) kemarin.
Belajar dari pengalaman ITF selanjutnya akan mengambil tindakan yang tepat untuk mengonfirmasi kepada pemain tentang perubahan daftar obat terlarang, termasuk Sharapova. Dengan tujuan untuk memastikan tidak ada pemain yang beralasan jika mereka tidak mengetahui informasi daftar obat yang dilarang. “ITF percaya mempublikasikan perubahan pada daftar obat terlarang adalah langkah yang tepat. Meskipun demikian, kami akan terus meninjaunya,” tegas ITF.
Sharapova sendiri menyambut gembira keputusan CAS. Sharaphova berbagi kebahagiannya di laman facebook pribadinya. Pasalnya, ia merasa kebahagiaannya selama ini direnggut oleh hukuman tersebut. “Ini menjadi salah satu hari paling bahagia bagi saya setelah mengetahui bahwa saya dapat kembali ke dunia tenis pada April mendatang,” tulis Sharapova di laman Facebook-nya. “Dalam banyak hal, saya merasa sesuatu yang saya cintai telah direnggut dan rasanya sangat menyenangkan bisa meraihnya kembali,” imbuhnya.
Presiden Federasi Tenis Rusia Shamil Tarpishev pun mengaku senang mendengar kabar pengurangan sanksi untuk Sharapova. “Ini kabar baik, mereka (CAS) mengurangi hukumannya. Kami inigin Sharapova bermain membela timnas dan memenangi Olimpiade berikutnya bersama kami,” kata Tarpishev.
Dengan pengurangan hukuman tersebut, artinya Sharapova bakal meramaikan turnamen bergengsi pada April 2017 mendatang. Sekadar informasi, awal Maret lalu, Sharapova mengungkapkan dirinya gagal tes doping di ajang Australia Terbuka lantaran mengkonsumsi meldonium.
Sharapova mengaku tak mengetahui zat tersebut dilarang dalam olahraga. Meldonium adalah obat penambah stamina yang belakangan ini masuk dalam kategori terlarang digunakan di dunia olahraga. “Sekarang proses hukum telah selesai, saya berharap ITF dan otoritas tenis belajar dari kesalahan ini. Sehingga tidak ada petenis lain yang terjerembab mengonsumsi obat yang telah dilarang,” ucap Sharapova saat itu. (sdc/mar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here