Breaking News
Home >> Politik >> Siswadi Siap Mundur sebagai Anggota Dewan
Siswadi
Siswadi

Siswadi Siap Mundur sebagai Anggota Dewan

Jika Diusung Pada Pilgub Kaltim 2018

SAMARINDA- Pemilihan Guber-nur dan Wakil Gubernur Kaltim yang dijadwalkan 2018 mendatang, membuat sejumlah legislator berpikir matang sebelum memutuskan terlibat Pilgub sebagai calon. Pasalnya, jika turut maju dalam pilkada, maka mereka harus mundur sebagai anggota Dewan.
Sebagaimana diketahui dalam beberapa bulan terakhir sejumlah legislator mendominasi bursa calon gubernur dan wakil gubernur, di antaranya adalah Wakil Ketua DPRD Samarinda asal PDIP, Siswadi. Kemudian Ketua PKB Kaltim, Syafruddin dan Ketua PPP Kaltim, Rusman Yakub tercatat sebagai Anggota DPRD Kaltim serta Hadi Mulyadi selaku anggota Fraksi PKS DPR RI.
Ketika dikonfirmasi, Siswadi menegaskan, dia tidak ingin beradai-andai mengenai dinamika pencalonan pada suksesi dua tahun mendatang. Namun, jika masyarakat menghendakinya maju dan partainya pun memberikan restu, maka menurutnya tidak ada alasan menolak amanah, sekalipun harus menanggung konsekuensi mengakhiri kiprahnya sebagai wakil rakyat di Kota Tepian.
“Saya tidak mau berandai-andai. Tapi bagi saya sebagai petugas partai kalau ditugaskan ya saya harus siap dong, pastinya siap mundur juga di DPRD walaupun masih lama masa jabatan saya,” tegas Ketua DPC PDIP Samarinda itu, kepada Koran Kaltim, Kamis (6/10).
Siswadi belakangan ini kembali diperhitungkan maju sebagai calon pendamping setelah namanya kerap dihubung-hubungkan dengan dua figur kuat calon gubernur, yakni Ketua Golkar Kaltim, Rita Widyasari dan Ketua Gerindra Kaltim Yusran Aspar.
Bahkan Yusran mengisaratkan telah ‘jatuh hati’ pada pemilik suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Samarinda 2014 lalu itu. Yusran sempat bertemu secara khusus dengan Siswadi dalam agenda silaturahmi politik yang diinisiasi para petinggi Gerindra Kaltim.
“Dicalonkan atau tidak saya selalu menjaga eksistensi seperti silaturahmi dan menjalin komunikasi politik. Di PDIP ini kan sangat dinamis. Siapa tahu ada tugas dari partai, ya kita harus persiapkan diri,” terang Siswadi.
Tidak jauh berbeda dengan Siswadi, Politisi PKB Syafruddin pun siap meninggalkan Gedung Parlemen di Karang Paci, jika kelak diplot partainya bertarung di arena Pilgub. Sebelumnya, namanya disebut-sebut sebagai salah satu calon kuat mendampingi Ketua Demokrat Kaltim, Syaharie Jaang yang bertekad menduduki kursi Gubernur yang bakal ditinggalkan Awang Faroek Ishak.
“Sebagai kader partai tentu akan melalukan apapun jika ini sudah menjadi keputusan partai termasuk mundur sebagai anggota DPRD, karena pengabdian itu bisa di mana aja. Saya juga bersyukur jika maju (Pilgub) lalu terpilih, maka lebih banyak yang bisa kita lakukan untuk pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara,” tandas Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim tersebut. (sof215)