Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> SK Satgas Saber Pungli Tunggu Tanda Tangan Rita
ILUSTRASI
ILUSTRASI

SK Satgas Saber Pungli Tunggu Tanda Tangan Rita

Marli Endus Pungli Parkir

TENGGARONG – Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Kutai Kartanegara tinggal menunggu tanda tangan Bupati Rita Widyasari. Satgas khusus sebagai tindaklanjut instruksi Presiden RI Joko Widodo tersebut melibatkan sejumlah instansi terkait.
“SK Satgas Pungli Kukar belum diteken Ibu Rita, paling cepat pekan depan sudah diteken, dan tim secara resmi akan bekerja. Semakin cepat, semakin baik,” kata Sekda Kukar H Marli kepada Koran Kaltim, kemarin.
Menurut Marli, Satgas Saber Pungli terdiri dari beberapa instansi, yang diketuai Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen. “Ada beberapa instansi yang terlibat, dari pemkab ada Satpol PP,” terang Marli.
Marli mewanti-wanti aparatur sipil negara (ASN) di Kukar agar menghentikan praktik pungli. “Karena nantinya pasti akan ketahuan juga,” tegasnya.
Ketika Saber Pungli resmi terbentuk di Kukar, lanjut Marli, akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, sebelum melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT).
“Tapi sepenuhnya kewenangan Tim Saber Pungli. Saya sering mendapatkan laporan pungli di sektor parkir. Padahal jika dikelola profesional dan transparan, maka PAD Kukar akan meningkat,” ungkapnya.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87/2016, Satgas Saber Pungli bertugas sebagai intelijen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan yustisi, serta diberi kewenangan untuk melakukan OTT. (ran415)