Breaking News
Home >> Samarinda >> SKM Meluap, Jalanan Tergenang Air
GANGGU AKTIVITAS: Jalan Agus Salim, salah satu kawasan yang tergenang saat SKM pasang dalam beberapa hari terakhir.
GANGGU AKTIVITAS: Jalan Agus Salim, salah satu kawasan yang tergenang saat SKM pasang dalam beberapa hari terakhir.

SKM Meluap, Jalanan Tergenang Air

SAMARINDA – Sudah beberapa hari ini saat malam hari sebagian ruas kawasan Agus Salim hingga Jl Gatot Subroto (Gatsu) menjadi seperti sungai. Genangan air setingi hampir mencapai lutut orang dewasa memenuhi jalan hingga meluber menggenangi rumah warga.
Hal tersebut disebabkan air Sungai Karang Mumus (SKM) sedang naik atau pasang dan tak mampu menampung volume air sehingga meluber ke jalan. Banjir yang terjadi saat hujan deras Selasa (15/11) sore hingga malam hari lalu disinyalir juga salah satunya karena naiknya air SKM ini.
Hari Subakti, warga Gatsu yang rumah dan tepat usahanya terendam menyebutkan, air tersebut datang sekitar pukul 20.00 Wita malam hari dan volumenya terus bertambah. “Ini sungai lagi pasang, makanya naik. Biasanya tidak sampai sedalam ini, “ kata Hari ditemui Koran Kaltim saat mengamankan barang-barangnya.
Genangan air yang cukup dalam mengganggu aktivitas warga. Bahkan beberapa pengendara motor nekat menerobos harus mogok karena tingginya air. Pengguna jalan yang tidak berani menerobos nampak memutar arah dan memlilih jalan lain.
Hari menambahkan, selama setahun terakhir air pasang SKM merupakan yang pertama dengan kedalaman mencapai lebih dari 30 sentimeter, hal mana yang membuatnya bersama warga lain cukup kaget hingga tidak sempat mengamankan barang-barangnya. “Karena biasanya paling 10 centi, tidak sampai masuk (ke rumah). Tapi ini tadi itu sampai sofa, karpet basah semua,” paparnya.
Sementara Hardy warga Agus Salim yang rumahnya juga kemasukan air mengatakan, surutnya air sekitar jam 11 malam atau jam 1 dinihari. “Biasanya sampai jam 23.00 atau paling lama jam 01.00 Wita, ya kami tunggu saja, sambil bersih-bersih ini,” katanya.
Jalan Tarmidi yang berdekatan tepian SKM juga tak luput dari genangan air. Salah seorang pengendara yang ditemui Koran Kaltim menyebutkan bahwa genangan lebih parah juga terjadi di Jalan Ahmad Dahlan. “Disana sepanjang pinggir sungai air merendam jalan cukup tinggi,” kata warga tersebut. (rs616)