Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> SKPD Wajib Punya Sertifikasi Pengadaan

SKPD Wajib Punya Sertifikasi Pengadaan

TANJUNG REDEB – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Berau, menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) barang dan jasa serta sertifikasi bagi aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemkab Berau. Diklat yang dimulai Selasa (22/11) di Aula Hotel Derawan Indah Tanjung Redeb dibuka Bupati Berau Muharram.
Muharram menegaskan bahwa sudah menjadi tuntutan bagi setiap SKPD yang melaksanakan pengadaan barang dan jasa, harus didukung dengan personil yang bersertifikasi. Disampaikannya, melalui kegiatan ini menjadi bagian dalam menyiapkan aparatur yang berkompetensi dalam pengadaan barang dan jasa. “Setiap SKPD yang ada, diupayakan jangan sampai ada yang tidak memiliki SDM bersertifikasi pengadaan barang dan jasa, karena ini sudah tuntutan kita,” tegasnya.
Muharram menegaskan target akhir dari pelaksanaan Diklat dan sertifikasi ini, disamping untuk memahami regulasi pengadaan barang dan jasa, juga diharapkan kualitas pengadaan semakin bagus dan menciptakan efisiensi anggaran. Bagaimana bisa menciptakan atau mewujudkan barang sesuai dengan standar yang diharapkan namun tidak melakukan pemborosan. “Jadi harus ada out put dari target akhir pendidikan dan pelatihan ini untuk kita perhatikan,” tegasnya
Selanjutnya dengan sistem ini yang diharapkan Muharram juga bagaimana mempercepat proses pertanggungjawaban pengadaan barang dan jasa, termasuk dalam pengawasan atau kontrolnya pelaksanaan kegiatan. “Sehingga target kita ingin mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan efesien itu bisa tercapai,” tandasnya.
Dalam pelaksanaan diklat dan sertifikasi pengadaan barang dan jasa ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) pusat maupun dari Provinsi Kalimantan Timur. Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan, para peserta akan mengikuti ujian sertifikasi yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT) pada BKPP Berau dengan dibagi dalam dua tahapan. “Ujian sertifikasi rencana akan dilaksanakan pada 3 Desember mendatang dengan sistem CAT,” jelas Kepala BKPP Berau Abdul Rivai. (sam)