Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Solusi Defisit Anggaran, Anwar Dukung Forum CSR

Solusi Defisit Anggaran, Anwar Dukung Forum CSR

TANJUNG REDEB – Rencana Pemkab membentuk forum corporate social responsibility (CSR), mendapat dukungan penuh dari DPRD Berau. Dengan forum itu, bisa menjadi solusi bagi pemerintah, menyikapi defisit anggaran yang terjadi saat ini.
Dijelaskan Wakil Ketua DPRD Berau Anwar, persoalan di kecamatan hingga kampung sangat beragam. Persoalan ini pun sering disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat kampung sampai kabupaten. Namun, dengan banyaknya permasalahan ini tidak diimbangi dengan anggaran pemerintah daerah. Akibatnya, sebagian besar usulan yang disampaikan masyarakat, tidak terakomodir dalam pembangunan.
Anwar mengatakan, dengan adanya forum CSR ini nantinya bakal memberi bantuan kepada pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut. Dengan memaksimalkan potensi CSR yang cukup besar saat ini, maka pembangunan hingga perkampungan bisa terlaksana.
“Bisa mengurangi beban Pemda lah. Apalagi banyak perusahaan kita di sini, yang harusnya menjalankan kewajiban CSR. Tentu jika dimaksimalkan, bisa mendukung percepatan pembangunan,” ujarnya.
Namun dalam forum ini harus ada kejelasan dari awal mengenai aturan penyalurannya. Dari informasi yang diterima Anwar, ada beberapa perusahaan yang telah menjalankan kewajiban CSR ini ke masyarakat.
“Jangan sampai menganggu kegiatan awal dari perusahaan yang bersangkutan, karena sudah ada porsinya ke kampung atau kecamatan. Kalau bisa persentasenya 30 perusahaan 70 masuk ke forum. Karena pekerjaan rumah pemerintah sangat banyak. Mungkin bisa jadi pertimbangan nantinya oleh pengurus,” tegasnya.
Masih menurut Anwar, jika memang tidak berjalan sesuai dengan aturan, maka sanksi harus diterapkan dengan tegas. “Semua harus konsisten bahkan transparan, progres serta perkembangan yang disalurkan sejauh apa,” sambungnya. (sam)