Breaking News
Home >> Samarinda >> SOTK Dibentuk, Rotasi Jabatan Kembali Bergulir

SOTK Dibentuk, Rotasi Jabatan Kembali Bergulir

SAMARINDA – Rencana pembetukan Struktur Ogranisasi Tata Kerja (SOTK) perangkat daerah membuat Pemkot Samarinda harus mencari siapa yang pantas memimpin instansi baru nantinya. Terkait hal itu, pemkot Selasa (29/11) kemarin menggelar tes kompetensi ulang bagi seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Ada 25 kepala SKPD dipanggil ke Balaikota untuk diwawancara tim penguji yaitu Assisten II Sugeng Chairuddin dan Assisten IV Burhanuddin serta tim akademisi dari Perguruan Tinggi.
Menurut Sugeng pelaksanaan tes kompetensi ini dilakukan sebagai persyaratan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negera dan Reformasi Birokrasi. “Untuk tes hari ini (kemarin) mereka dipanggil menjelaskan makalah yang telah mereka buat untuk dipresentasikan dan tanya jawab, sepenuhnya saya serahkan kepada pak Burhan selaku bidang yang lebih berweang menjelaskan,” kata Sugeng.
Sementara Burhanuddin mengungkapkan tes kompetensi ini juga sebagai kegiatan untuk merotasi kepala SKPD sesuai dengan keahliannya. Hanya saja masih ada dua kepala SKPD yang belum sempat mengikuti tes kompetensi ini yaitu Kepala Dinas Pendapatan Daerah Hermanus Barus dan Kepala Inspektorat Daerah Muhammad Yamin.
“In shaa Allah hari ini (kemarin) selesai semua. Tes ini kan sudah biasa untuk merotasi kepala SKPD setelah itu kami serahkan kepada KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) untuk dilihat lagi akademiknya. Yang tidak hadir tes susulan karena keduanya masih berangkat keluar daerah,” kata Burhanuddin.
Terpisah Kepala SKPD yang juga ikut hadir melaksanakan tes kompetensi hari itu Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Endang Liansyah mengaku tes seperti ini sudah biasa ia hadapi. “Biasa saja, yang penting saya sudah membuat makalah dengan ide dan tulisan saya sendiri. Yang jelas tulisannya berisikan tema optimalisasi kinerja aparatur menyikapi keuangan daerah, tentunya dengan acuan dari visi wali kota dan wakilnya,” terang Endang. (ms315)