Published On: Kam, Jul 11th, 2013

Status Linuang Kayan Belum Jelas

Tunggu Keputusan Pusat

NUNUKAN – Sengketa tapal batas antara Nunukan dengan Tana Tidung di wilayah Linuang Kayan hingga kini tak kunjung tuntas. Nunukan mengklaim Linuang Kayan masuk dalam wilayah Kecamatan Sembakung. Sedangkan KTT mengklaim masuk Kecamatan Sesayap Ilir wilayahnya.

Pasca Pemprov Kaltim ‘angkat tangan’ dan menyerahkan persoalan ke pusat melalui Kemendagri tahun lalu, hingga kini belum ada titik terang. “Kita menunggu pusat, sampai sekarang belum ada kabar,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan, Setkab Nunukan, Abidin Tajang, baru-baru ini. Padahal berlarutnya penyelesaian sengketa batas wilayah di daerah aliran sungai Linuang Kayan itu membuat kedua kabupaten dirugikan.

Sengketa batas wilayah ini sempat memanas di tahun 2010 saat Sekretaris Daerah Nunukan Zainuddin HZ mencabut patok milik KTT di wilayah Linuang Kayan Desa Lubakan Kecamatan Sembakung. Kedua pihak sama-sama mengklaim wilayah itu dengan dasar UU Pemekaran masing-masing. Memanasnya sengketa ini berawal saat Pemkab KTT menghentikan operasional tiga perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Linuang Kayan karena wilayah tersebut masih status quo. (kh)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web