Breaking News
Home >> Akademika >> Studi Banding, Unmul Kunjungi UB dan UNS
STUDI BANDING: Rombongan dari Universitas Mulawarman berdiskusi dengan sejumlah mitra kerjanya terkait pengembangan akademik yang berbasiskan teknologi informasi
STUDI BANDING: Rombongan dari Universitas Mulawarman berdiskusi dengan sejumlah mitra kerjanya terkait pengembangan akademik yang berbasiskan teknologi informasi

Studi Banding, Unmul Kunjungi UB dan UNS

SAMARINDA-Layanan akademik di perguruan tinggi menjadi salah satu faktor utama guna meningkatkan kualitas universitas. Di tengah era globalisasi ini pun melahirkan tuntutan-tuntutan baru, diantaranya pencapaian kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berbasis online. Untuk mendapatkan pengetahuan utuh secara bersama terkait pengelolaan kebijakan, rombongan Universitas Mulawarman (Unmul) yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono melakukan studi banding.
Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tempat yang dikunjungi. “Ini merupakan langkah revolusioner yang coba kami lakukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya di bidang akademik,” tutur Prof. Agung.
Guru Besar Fakultas Kehutanan Unmul ini berharap, pengetahuan yang didapat bisa secara utuh bukan parsial sehingga dapat bergerak secara kolektif tentang upaya peningkatan pelayanan akademik Unmul.
“Semua melihat, mendengar, belajar bersama agar persepsi pengetahuan bisa bersama, sehingga gerakan disini bisa senada. Dalam hal ini UB dan UNS merupakan dua Universitas yang statusnya sama sebagai BLU dan terbukti sukses,” imbuhnya.
Rombongan Unmul tiba di Rektorat UB pekan tadi dan disambut baik oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UB, Drs. Slamet Kusnady, M.Si beserta jajaran. Ia membuka diskusi dengan memaparkan pelayanan akademik di UB berjalan secara online. “Semua sistem berjalan secara terpadu berbasis online teknologi informasi. Mulai dari pendaftaran mahasiswa baru, pengisian kartu rencana studi, pendaftaran wisuda sampai mahasiswa yang sudah menjadi alumni semua terdata,” jelasnya.
Untuk diketahui, UB yang berdiri sejak 1963 telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki 15 Fakultas, satu program vokasi dan pascasarjana.
Sementara itu di UNS Surakarta, Rabu (12/10) rombongan Unmul disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, P.hD beserta jajaran. Agenda yang berlangsung di Gedung dr. Prakosa Kantor Pusat UNS ini berlangsung lebih kurang empat jam. Di bidang Akademik, UNS saat ini menerapkan sistem model sentralisasi administrasi dan desentralisasi akademik (SADA).
Tak sekadar kunjungan, Wakil Rektor Bidang Akademik Unmul menugaskan seluruh peserta yang ikut dalam rombongan untuk membuat laporan individu. Mulai dari masalah utama yang dihadapi, tujuan dan hasil dari studi banding. Diharapkan dari kegiatan ini akan melahirkan output berupa peningkatan pelayanan khususnya dibidang akademik yang lebih prima. (hms)