Breaking News
Home >> Samarinda >> Sungai Mahakam Diserang Ilung, Penyelam IPA Tirta Kerja Ekstra
TERUS MEMANTAU: Tim penyelam IPA Tirta saat bertugas kemarin.
TERUS MEMANTAU: Tim penyelam IPA Tirta saat bertugas kemarin.

Sungai Mahakam Diserang Ilung, Penyelam IPA Tirta Kerja Ekstra

SAMARINDA – Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tirta milik PDAM Tirta Kencana Samarinda yang mengandalkan sumber air baku dari Sungai Mahakam ternyata tetap kena dampak dari masuknya tanaman eceng gondok alias ilung yang sudah sepekan terakhir memenuhi sungai. Meskipun tidak secara signifikan mengganggu produksi air bersih, namun kumpulan tumbuhan kiriman dari hulu sungai mahakam tersebut tidak dapat dipungkiri membawa sampah yang dapat menyumbat pipa intake atau pipa sedot.
PDAM pun menurunkan tim selam untuk membersihkan sampah maupun eceng gondok yang menutupi pipa intake tersebut. Kasi IPA Tirta Encik Deny menjelaskan, jika tidak dibersihkan maka akan menyumbat dan membuat debit air menjadi rendah, dan dapat membuat produksi menjadi terganggu.
“Ilung kan kalo masuk pompa kan hancur. Cuma yang kita antisipasi itu sampah plastik, bisa nyumbat bikin debit kita turun. Jadi kita turunkan tim penyelam untuk membersihkan,” ujar Deny di konfirmasi Koran kaltim Selasa (11/10) kemarin.
PDAM memang memiliki tim penyelam yang bertugas merawat dan melakukan perbaikan untuk peralatan dan perangkat PDAM yang berada dibawah permukaan air. Eceng gondok yang banyak terkumpul di sekitar wilayah intake membuat tim selam harus bekerja ekstra. “Sekarang mereka harus kerja keras, soalnya ilungnya menggenang di situ-situ saja,” paparnya.
Deny meyakinkan produksi air bersih tidak terganggu, namun ia berharap agar eceng gondok segera bergerak dari area sekitar pipa hisap Intake PDAM. (rs616)