Published On: Sel, Des 17th, 2013

Surat Suara Pileg 2014 Lebih ‘Ramping’

SAMARINDA - Surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 untuk DPRD Samarinda nampak lebih ‘ramping’ dibanding dimensi surat suara Pileg 2009. Hal itu dipengaruhi jumlah kontestan yang tampil dalam surat suara lebih sedikit dengan 12 Partai Politik (Parpol) dengan menyertakan 100 persen dari kuota Daerah Pemilihan (Dapil). Sementara itu, Pileg 2009 terdiri 38 Parpol yang berkompetisi dan menyertakan 120 persen kuota masing-masing Dapil.
“Ukuran surat suara saat ini hanya 42×52 centimeter, berbeda dengan surat suara Pileg 2009 berukuran selebar koran pada umumnya. Jadi, caleg 2009 memang sangat ‘gemuk’, sementara 2014 lebih ramping karena diikuti 12 Parpol saja,” ungkap Anggota KPU Samarinda, Wahidudin kepada Koran Kaltim, kemarin.
Ia menjelaskan, spesimen surat suara mengacu pada Daftar Calon Tetap (DCT) dengan cek silang Liaison Officer (LO) masing-masing Parpol. Kemudian, dikumpulkan seluruh Parpol untuk menan-datangani spesimen untuk validasi akhir nomor urut dan nama caleg masing-masing Parpol, apakah telah sesuai atau belum.
“Sebenarnya, spesimen ini adalah kertas suara yang siap cetak pada 15 Januari oleh KPU RI,” ujarnya.
Ditambahkan, saat sosialisasi itu, terdapat ketidaksesuaian sejumlah Parpol yang menanggapi hal itu akan dilakukan perbaikan oleh KPU Samarinda. Pihaknya diberi tenggat waktu hingga (18/12) besok untuk finalisasi spesimen tersebut.         Spesimen akan diserahkan ke KPU Kaltim untuk diteruskan ke KPU RI.
“Kami akan kroscek permintaan perbaikan DCT lebih dulu, seraya berkomunikasi terhadap partai bersangkutan. Sesuai jadwal, Kamis (19/12) tiba di KPU RI,” ucapnya.
Meski diakui kecil peluang untuk dilakukan perbaikan, namun dasar spesimen adalah DCT yang didasari hasil analisis dan ketelitian LO Parpol sesuai penyerahan data terakhir ke KPU. (fac)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

Email
Print
WP Socializer Aakash Web