Home >> PPU - Paser >> Susianto Pimpin PWI Perwakilan Paser

Susianto Pimpin PWI Perwakilan Paser

TANA PASER – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Paser, Sabtu (19/11) kemarin, menggelar Konferensi IV di Gedung PKK Kecamatan Tanah Grogot.
Hadir pada ajang pemilihan Ketua PWI Perwakilan Paser yang berlangsung setiap tiga tahun sekali ini, seperti Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie yang diwakili Staf Ahli Setkab Paser Ishak, Dandim 0904/TNG Letkol Arm Mulyadi yang diwakili Kapten Inf Nuryono, Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan yang diwakili Iptu Bambang Juwono, Ketua KONI Toto Sumardiono, Ketua Gepak Paser M Said dan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi.
Saat sambutan Bupati Paser, Ishak menyampaikan, bahwa wartawan adalah salah satu profesi yang tak bisa dianggap biasa saja. Pasalnya, melalui tulisan mereka banyak sekali informasi yang dapat diserap masyarakat. Bahkan, tercatat pada sejarah, bahwa wartawan juga turut andil dalam menuju kemerdekaan Indonesia.
“Wartawan, sebagai aktivis pers bertugas melaksanakan pemberitaan dan penerangan, agar membangkitkan kesadaran nasional. Dan sebagai aktivis politik, yang terlibat secara langsung dalam membangun perlawanan rakyat terhadap penjajahan,” ungkapnya sekaligus membuka Konferensi ke IV PWI Perwakilan Paser.
Apalagi, lanjut dia, kini wartawan di era globalisasi yang menuntut keterbukaan informasi, tentunya mereka harus lebih kredibel, berimbang, akurat dan mencerdaskan warga dalam setiap pemberitaannya.
“Sehingga, mereka mampu menjadi motor penggerak kemajuan pembangunan yang bersandar pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Khususnya di Kabupaten Paser,” ucapnya.
Dikatakan, meskipun tak dapat dipungkiri kalau pemberitaan yang ditulis para wartawan mampu menggiring opini pembaca, baik yang pro maupun kontra. “Namun, kami percaya seluruh wartawan di Paser mampu menjadi mitra pembangunan pemerintah, guna merealisasikan program dan kebijakan yang didasari aspirasi warga Paser,” ujarnya.
Lebih lanjut, Ishak berpesan, supaya menjadikan program kerja kepengurusan sebelumnya merupakan refrensi, acuan dan bahan evaluasi dalam menyusun rencana kerja kedepan untuk menjawab tantangan zaman. “Eranya sekarang, informasi itu di dalam genggaman. Jadi, sangat mudah diakses siapa saja,” sebutnya.
“Informasi sekarang sudah sangat mudah diakses masyarakat, kapan dan dimana pun berada bisa,”
Sementara itu, Ketua PWI Cabang Kaltim Endro S Efendi meminta kepada PWI Perwakilan Paser agar bisa melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Paser, sehingga makin memantapkan pijakan para jurnalis di Paser dalam menggeluti profesinya. (sur)