Breaking News
Home >> OTOMOTIF >> SUV Diprediksi tetap Diminati pada 2017
tren-suv

SUV Diprediksi tetap Diminati pada 2017

Kondisi Infrastruktur Jalan Indonesia belum Merata

JAKARTA – Sepanjang 10 bulan tahun 2016 berbagai pabrikan mobil Jepang, Amerika maupun Eropa saling berlomba-lomba meluncurkan kendaraan di segmen sport utility vehicle (SUV) baik dari kelas entry level hingga premium.
Hari Arifianto Deputi Direktur Marketing Komunikasi Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) bahkan menyebut tahun 2016 sebagai tahun berkembangnya pasar SUV di Indonesia. Ia pun optimistis pasar SUV di Indonesia akan tetap berkembang pada tahun 2017.
Hari menjelaskan khusus untuk SUV, total market Mercedes-Benz mencapai 30 persen dari seluruh penjualan mobil penumpang Mercedes-Benz.
“Kami menyebut tahun 2016 sebagai tahun SUV karena diterima baik masyarakat. Kontribusi SUV di market Indonesia lebih dari 30 persen. Dahulu kita hanya punya tipe ML dan GL, sekarang kami punya SUV dengan segmen yang luas, dari segmen entri NGCC (New Generation Compact Car), GLA, GLC yang belum ada sebelumnya, tipe ML yang berubah menjadi GLE dan GL menjadi GLS,” kata Hari Arifianto di Mercedes-Benz Star Expo 2016, Rabu (23/11).
Hari Arifianto menjelaskan salah satu faktor yang membuat pasar SUV di Indonesia berkembang adalah kondisi infrastruktur jalan yang tidak selalu bagus sehingga masyarakat memilih kendaraan dengan ground clereance yang tinggi.
Fungsi dan tampilan mobil jenis SUV yang lebih gagah cukup disukai masyarakat Indonesia yang suka berpergian, adapun kaum wanita juga merasa lebih aman jika berkendara dengan mobil jenis ini.
Hari menjelaskan, jika masyarakat perkotaan bisa menggunakan sedan premium untuk keperluan sehari-hari. Masyarakat dari kota penyangga Jakarta seperti Bekasi, Depok dan Tangerang cenderung lebih nyaman menggunakan SUV.
“Kami melihat SUV menjadi pilihan baru bagi pelanggan Mercedes-Benz, SUV dengan keunggulan ground clereance memberikan kesempatan kepada pelanggan kita yang ada misalnya di Bekasi, Depok, Tangerang dengan infrastruktur yang bervariasi sehingga bisa menikmati keunggulan Mercedes-Benz,” kata dia.
“Jadi kita melihat SUV pada 2017 akan memberikan kontribusi yang besar,” imbuhnya. (atn)