Breaking News
Home >> Balikpapan >> Syukri Pesimistis DPRD Mampu Tuntaskan 43 Raperda

Syukri Pesimistis DPRD Mampu Tuntaskan 43 Raperda

BALIKPAPAN – DPRD dan Pemerintah kota Balikpapan mengesahkan lima Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna DPRD dengan agenda jawaban akhir fraksi-fraksi atas lima Raperda, Selasa (4/10).
Lima Raperda yakni Perda Bangunan Gedung, Perda Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, Perda Pemakaman, Perda Penyelenggaraan Izin Bidang Kesehatan dan Perda Rencana Induk Pariwisata Pemerintah Daerah (Rippda).
Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Abdulloh menyepakati dan mengesahkan lima perda yang masuk dalam program badan pembentukan Raperda.
Walikota Rizal Effendi mengatakan akan membuat Perwali untuk kebijakan teknis setelah disahkan lima Perda ini.
Di tengah kesulitan anggaran, diharapkan Perda ini akan memberikan pemasukan bagi kas daerah.” Itu mendesak kayak bangunan gedung, pasar modern, pemakaman, pariwisata. Tentu Perda ini akan mendongkrak pemasukan daerah. Kayak pariwisata itu, Penertiban IMB juga karena banyak IMB yang tidak sesuai dengan kondisi bangunan,” katanya, kemarin.
Terpisah ketua Komisi I DPRD, Syukri Wahid mengatakan sulit bagi pemerintah dan DPRD mengejar target 43 Perda yang ditetapkan dalam program Badan Pembentukan Peraturan Daerah diperkirakan 18 Perda hingga akhir tahun.
Menurut Syukri setidaknya sampai akhir tahun bisa mendekati separuhnya “ Ini jadi evaluasi internal kami. Itu memang perioritas tapi faktor defisit menyita kami, “ katanya.
Dia menambahkan masih ada Raperda yang akan dituntaskan seperti Perda APBD perubahan 2016 dan APBD murni 2017.” Masih ada sisa banyak memang. Selalu begitu kan nggak pernah capai target,” akunya.
Sebelumnya pada program pembentukan peraturan daerah tahun 2016, DPRD bersama pemerintah kota menetapkan sebanyak 24 Raperda masuk dalam fokus pembahasan bersama di tahun 2016. “Program pembentukan peraturan daerah Kota Balikpapan tahun 2016 mendatang kami rencanakan sebanyak 43 Raperda terdiri dari 17 inisiatif DPRD dan sebanyak 26 inisiatif pemerintah kota,” kata Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Balikpapan Syafruddin. (din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*