Tabang Belum Miliki Penyuluh KB

0
1

TENGGARONG – Kecamatan Tabang hingga kini belum miliki tenaga fungsional penyuluh KB. Kondisi ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan Kecamatan Tenggarong yang memiliki penyuluh KB di setiap kelurahan/desa.
“Di Tabang hanya ada seorang staf kecamatan untuk menjalankan kegiatan yang menyangkut KB,” kata Kabid KB Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kukar, Zaifah Nurbani kepada Koran Kaltim, dua hari lalu.
Saat ini, di Kukar ada 34 penyuluh KB berstatus PNS dan 44 penyuluh KB berstatus THL. Jumlah itu masih kurang, karena idealnya penyuluh KB ada di setiap kelurahan/desa.
“Namun, 34 penyuluh PNS itu sudah beralih menjadi PNS pusat.Mereka sebenarnya ingin tetap menjadi PNS Kukar, karena mendapat insentif, sedangkan kalau menjadi pegawai pusat hanya mendapat uang remunerasi saja,” terangnya.
BKBP3A Kukar sudah berkoordinasi dengan Kanwi Penyuluh KB Kaltim terkait alih status penyuluh tersebut. “Disarankan agar dilakukan pendataan terlebih dahulu, mana yang mau pindah dan mana yang tidak. Bisa saja diupayakan agar mereka kembali menjadi PNS daerah, tapi kami masih menunggu juknis dan juklak dari pusat,” jelasnya.
Zaifah memastikan mesti saat ini penyuluh sudah menjadi pegawai pusat, tapi mereka tetap melakukan penyuluhan seperti biasa. “Penyuluh masih aktif melakukan sosialisasi KB, melalui pendekatan dengan tokoh masyarakat, penyampaian laporan KB ke BKBP3A, serta mensosialisasikan perlindungan anak di masyarakat,” pungkasnya.(ran415)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here