Tabungan Emas Mencapai Rp6,02 Miliar

0
1

Pegadaian Bakal Gelar Seminar

BALIKPAPAN-Pertumbuhan jumlah nasabah Tabungan Emas dan berat emas PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan meningkat signifikan dari bulan ke bulan. Hingga 25 September perseroan mem-bukukan realisasi Tabungan Emas mencapai Rp6,02 miliar.
Jumlah itu setara dengan emas seberat 11,42 Kg. Realisasi itu berasal dari 10 kantor cabang Pegadaian area kerja Balikpapan yang meliputi Penajam Paser Utara, Handil (Kutai Kartanegara) dan Tana Grogot.
Padahal, pada April jumlah nasabah Tabungan Emas masih mencapai 3.771 orang dengan berat emas tabungan sekitar 4 Kg saja. Baik jumlah nasabah dan berat emas meningkat secara signifikan dalam kurun waktu beberapa bulan saja.
“Karena memang produk Tabungan Emas lebih fleksibel. Jadi ya mengikuti kondisi keuangan nasabah dan tidak ada kewajiban harus menabung setiap bulan, ini yang membuat orang berminat. Bisa saja bulan ini nasabah tidak ada sisa uang yang bisa ditabung, tapi begitu ada dia bisa menabung dalam jumlah besar,” jelas Deputi Pimpinan PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali, kemarin.
Dengan konsep produk yang fleksibel itu, dia menganggap Tabungan Emas cenderung lebih mampu bertahan dalam kondisi ekonomi daerah yang bergejolak.
Sebab cara investasi yang ditawarkan sepenuhnya menyesuaikan kemampuan nasabah dan tidak ada paksaan menabung setiap saat.
Kendati mencetak pertumbuhan yang signifikan, tetapi realisasi jumlah nasabah Tabungan Emas masih jauh dari target, yakni sebanyak 12.315 orang. Dengan jumlah nasabah sekarang, target baru tercapai 55,2%.
Firman mengatakan, target yang besar memang ditetapkan berdasarkan karakter produk yang fleksibel sehingga lebih mudah dijual dan meyakinkan nasabah untuk mem-buka tabungan.
Berbeda dengan Logam Mulia yang relatif lebih sulit dijual karena segmen nasa-bah yang berbeda.
“Target dibuat tinggi juga karena Pegadian mau memasarkan produk ini secara masif. Kami maunya setiap satu keluarga ada dua rekening Tabungan Emas,” katanya.
Pada kesempatan itu Firman juga meng-ungkapkan, PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Balik-papan akan menggelar seminar investasi emas dalam waktu dekat.
Dari kegiatan ter-sebut perseroan menargetkan transaksi angsuran baru Logam Mulai senilai Rp1,2 miliar.
Selain menyosialisasikan investasi emas, kegiatan itu juga diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan outstanding loan produk logam mulia yang hingga 25 September tercapai Rp2,8 miliar, atau setara dengan 75% dari target sebesar Rp3,7 miliar..(bis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here