Home >> Hukum & Kriminal >> Tak Ingat Usia, Nenek 60 Tahun Edarkan Sabu
PENGEDAR SABU: Tiga pemuda asal Sangatta Utara diamankan Polres Kutim lantaran terbukti mengedarkan sabu.
PENGEDAR SABU: Tiga pemuda asal Sangatta Utara diamankan Polres Kutim lantaran terbukti mengedarkan sabu.

Tak Ingat Usia, Nenek 60 Tahun Edarkan Sabu

Tiga Pengedar di Sangatta Utara Digulung Polisi

SANGATTA – Seorang nenek berusia 60 tahun bernisial RM, harus men-dekam di balik jeruji besi milik Polres Kutim lantaran ter-bukti mengedarkan narkoba jenis dobel LL, Jumat (25/11). Dari tangan warga Desa Manubar Dalam, Kecamatan Sandaran, Kutai Timur (Kutim) ini, polisi meng-amankan 2.600 butir dobel LL.
Kasat Reskoba Iptu Abdul Rauf mengatakan terungkap-nya kasus ini berawal dari laporan masyarakat, bahwa di RT 05 Rimba Hijau, Desa Manubar Dalam, sering dijadikan tempat transaksi narkoba jenias dobel LL. Setelah itu anggota Polsek Sangkulirang menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).
Hasilnya, sekitar 22.00 Wita, polisi berhasil menemukan lokasi yang dimaksud dan melakukan pengeledahan di rumah RM, dengan disaksikan ketua RT 05 dan warga setempat. Dari situ, polisi mendapatkan dobel LL di dalam warung RM sebanyak 2.600 butir.
Setelah dilakukan interogasi, RM mengakui barang haram tersebut adalah miliknya. Barang siap edar itu didapatnya dari salah seorang pengedar di Samarinda. RM dan barang bukti diamankan di Polsek Sangkulirang guna penyidikan lebih lanjut. “Barang bukti itu terdiri dari 15 poket, delapan poket dan 1.900 butir yang disimpan di dalam tas hitam serta uang Rp220 ribu yang diduga hasil penjualan obat dobel LL,” kata.
Hingga berita ini diturunkan polisi masih melakukan pengembangan untuk mengungkap asal muasal baram haram tersebut. “Untuk tersangka, kita jerat dengan pasal 197, UU 36, tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman di atas tujuh tahun penjara,” tuturnya.
Sementara itu, di tempat berbeda, Satuan Resnarkoba Polres Kutim, Kamis (24/11) pukul 19.00 Wita, berhasil menangkap tiga pengedar narkoba jenis sabu-sabu di wilayah Sangatta Utara, tepatnya di Jalan Yos Sudarso II. Ketiga warga Sangatta Utara ini adalah SD (26) YP (24) dan FR (25). “Sebanyak tiga poket sabu-sabu seberat 11,02 gram, empat buah HP, tiga buah pipet kaca, dua buah pipet plastik dan uang hasil penjualan sebesar Rp 950 ribu, berhasil kita amankan,” kata Rauf. (sab)