Dipublish: 28 Mei 2013, 21:03

Tak Terakreditasi, Sekolah Dilarang Menggelar UN

TENGGARONG—Bidang Pendidikan Dasar (Dikas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan tim assesor tingkat SMP/MTs dan sekaligus penguatan tim assesor tingkat TK dan SD, Selasa (27/5) di Hotel Fatma Tenggarong. Kegiatan selama 4 hari, tanggal 28-3 Mei.
PPTK kegiatan AB Fowo Repa mengatakan, peserta sebanyak 14 orang dalam tim assesor SMP/MTs. Mereka dilatih Badan Akreditasi Propinsi (BAP). Sementara ada 34 orang assesor tingkat TK dan SD.
“Para assesor ini merupakan guru senior yang diambil dari Disdik dan Kemenag, yang bertindak secara independen. Nantinya mereka akan melakukan penilaian terhadap sekolah-sekolah untuk menentukan akreditasi dengan mengacu pada 8 standar nasional,” ujar Fowo.
Nantinya, tim tersebut akan melakukan penilaian terhadap sekolah-sekolah di Kukar. Baik negeri maupun swasta. Penilaian berdasarkan klasifikasi A, B C dan D yang berlaku selama 4 tahun ke depan. “Kalau mendapatkan nilai D, maka sekolah tersebut tidak lulus dan terus didorong untuk mendapatkan akreditasi,” jelas Fowo.
Ke depannya, sekolah-sekolah di Kukar yang belum terakreditasi akan ditingkatkan, baik itu sekolah negeri maupun swasta. Pasalnya, jika tidak terakreditasi maka sekolah tersebut tidak bisa menggelar UN. “Sekolah yang tidak terakreditasi tidak bisa menyelenggarakan UN, akibatnya pesertanya terpaksa dititipkan ke sekolah yang sudah terakreditasi terdekat,” pungkas Fowo Repa.
Wakil Ketua BAP Kalimantan Timur (Kaltim) Sunarso mengatakan, calon assesor dilatih guna mendapatkan sertifikat agar bisa melakuakn tupoksinya sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20/ 2003. (ale)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger