Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Semua Tanah Ditarget Bersertifikat pada 2025

Semua Tanah Ditarget Bersertifikat pada 2025


korankaltim
korankaltim
2016-10-20 05:00:04
TENGGARONG-- Sudah 35 tahun program Prona dijalankan, namun baru sekitar 40 persen warga Kukar berser-tifikat.

“Identifikasi bidang tanah desa demi desa sudah sejak dulu dilakukan. Namun, hasilnya masih minim. Kendalanya, mulai dari keterbatasan anggaran dan juru ukur. Kita targetkan dan tidak ada tawar-menawar pada 2025 mendatang, seluruh tanah harus bersertifikat,” kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kukar, Dedi Purwadi.

Untuk mengejar target tersebut, Dedi menyebut BPN akan mengubah cara identifikasi. Dari sporadik menjadi sistematis. Sebelumnya, dengan cara sporadik masyarakat secara sukarela mendaftarkan tanahnya. Sementara metode sistematis, identifikasi mengarah pada blok kelurahan atau desa. BPN pun lebih aktif. “Tentu anggaran yang dibutuhkan lebih besar. Pada tahap awal, kami akan mulai di kota karena banyak masalah tanah di kota,” tuturnya.

Di tahap awal, identifikasi tanah yang akan diberi sertifikat adalah tanah milik perorangan. “Kita pilih-pilih dan petakan, lagipula kami belum dapat alokasi jatah dari BPN Pusat, berapa target tanah yang harus bersertifikat hingga 2025 nanti,” ungkapnya.

Lantas bagaimana dengan warga yang sudah mengantongi segel? Dedi menyebut, tetap harus mengantongi sertifikat yang dikeluarkan BPN. Prosedurnya, segel terlebih dulu diteliti.

Ketika semua tanah berserti-fikat, Didi menyebut seluruh tanah memiliki kepastian hukum. “Dalam PP 24/1997 disebutkan, setelah lima tahun sejak sertifikat tanah dikeluarkan, maka tidak boleh diganggu gugat pihak lain. Kalau ada yang menggugat, seharusnya pengadilan menolaknya,”pungkasnya. (ind)

loading...

baca LAINNYA