Tanpa Try Out Disebut Gagalnya Atletik di PON Jabar


korankaltim
korankaltim
2016-10-12 05:00:49
SAMARINDA - Pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jabar, cabang olahraga atletik belum mampu menunjukkan prestasinya, hanya menorehkan menyumbang 1 perunggu. Medali itu dipersembahkan Gayus Sibuangin dikategori dasa lomba.

Jhon M Barahama, Binpres Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kaltim mengakui atletik Bumi Etam gagal. Padahal, apa yang sudah menjadi aturan atau ketetapan dari KONI Kaltim telah berjalan sesuai dengan harapan seperti tes fisik dan lainnya. Hanya saja, satu hal yang merupakan penentu, tetapi tidak terlaksana yaitu try out.

“Apa yang menjadi aturan KONI seperti tes fisik dan lainnya itu sudah dipenuhi atlet, tetapi hal yang menentukan itu bukan hanya teknik yang bagus, melainkan jam terbang merupakan penentu dan itu yang tidak terlaksana, padahal atlet itu perlu untuk menguji mental tanding dan nyali saat mereka berhadapan dengan atlet profesional,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jhon menjelaskan, dengan tidak adanya try out diakuinya berdampak pada atlet saat bertanding. Mereka terlihat tidak percaya diri menghadapi atlet nasional yang notabene sebagai juara.

“Kenyataannya saat hari H itu atlet kami penakut, saat pemanasan saja mereka di dalam tenda tidak bersama dengan atlet lainnya, ya saya sebagai pelatih tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa menemani mereka dan memberikan masukan dan itu saya maklumi, termasuk juga ada pengurus yang melihat kesana mental mereka down terlihat saat tanding, sedangkan untuk masalah teknik mereka sudah ok dan itu percuma saja kalau mental mereka tidak bisa dibarengi yang baik juga,” terangnya.

Tetapi, Jhon berharap ini menjadi pelajaran berharga dan menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya, termasuk pembinaan dan benar sesuai dengan semestinya.

“Karena prestasi itu bukan hanya ditentukan dari even saja tetapi sistem pola pembinaan yang diberikan oleh pelatih, makanya seorang pelatih itu harus memiliki konsep dan program yang benar,”pungkasnya. (rgn)

baca LAINNYA