Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Tas dan Sepatu ini Terbuat dari Nanas

Tas dan Sepatu ini Terbuat dari Nanas


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:00:46
TAS dari kulit buaya atau sepatu dari kulit rusa, pasti Anda sudah biasa mendengarnya. Namun, pernahkah Anda mengetahui bahwa ada tas dan sepatu terbuat dari daun nanas? Ya, nanas si buah tropis nan asam segar itu. Daun buah nanas dimanfaatkan dan diolah menjadi ‘leather-based’ untuk pembuatan produk fashion seperti tas dan sepatu.

Carmen Hijosa, adalah wanita dibalik penemuan luar biasa ini. Wanita asal Spanyol ini awalnya bekerja sebagai konsultan di perusahaan garmen di Filipina. Perusahaan garmen milik pemerintah yang menggunakan bahan baku serat nanas dalam memproduksi kain.

Kemudian, ia mendapatkan ide untuk memanfaatkan limbah nanas yang terbuang dari perusahaan tersebut, dan mengolah daun nanas menjadi pengganti ‘leather-based’ untuk barang fashion seperti tas dan sepatu. Lebih lanjut, lahirlah Pinatex perusahaan yang khusus memanfaatkan daun nanas sebagai produk tekstil dan fesyen.

Untuk membuat tas dan sepatu kulit berbasis bahan nanas tidak mudah, tapi karena itu merupakan produk dari panen nanas yang ada, akan memberikan dampak lingkungan yang relatif rendah.

“Untuk memproduksi Piñatex tekstil, kita tidak harus menggunakan tanah, air, pestisida atau pupuk,” kata Hijosa “Kami benar-benar mengambil bahan limbah dan menambahkan beberapa bahan yang membuat produk ini memiliki nilai tambah” Produk yang dihasilkan dari ‘leather’ pengganti ini juga bagus dan sama seperti produk berbahan kulit hewan lainnya. Sehingga produk bikinan Hijosa digemari olah fashionista.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (7/10) karena produksi Piñatex tidak merugikan hewan apapun, maka ini adalah pilihan busana dan fesyen item yang vegan dan ramah lingkungan. Penemuan ini mampu mengubah sampah menjadi barang fashion yang layak ditampilkan. Musim semi ini, London Royal College of Arts mengumumkan Hijosa sebagai pemenang Arts Foundation award for Material Innovation 2016, sementara PETA UK memberikan Hijosa Innovation Award during their annual Fashion Awards di tahun 2015 lalu. (oz)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 weeks ago | dibaca 228 kali
img
korankaltim
korankaltim
3 weeks ago | dibaca 30 kali
img