Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Tenaga Kerja Asing di PPU Naik Jadi 46 Orang

Tenaga Kerja Asing di PPU Naik Jadi 46 Orang


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:00:33
PENAJAM – Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berkerja di sejumlah perusahaan swasta beroperasi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bertambah menjadi 46 orang.

Demikian dikatakan, Kasi Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) PPU, Delila Swesti, kepada Koran Kaltim, kemarin.

“Jumlah TKA di PPU mengalami penambahan menjadi 46 orang. Jumlah ini berdasarkan laporan yang kami terima dari perusahaan sejak Januari hingga September tahun ini,”ujarnya.

Dibeberkannya, pada tahun 2015 lalu, jumlah TKA terdata di Dinsosnaker PPU mencapai 33 orang, namun di tahun 2016 jumlah telah mengalami penambahan sebanyak 13 TKA sehingga kini jumlah totalnya menjadi 46 orang asing.

Menurutnya, jumlah TKA ini kemungkinan bisa bertambah atau bahkan berkurang tergantung dari kondisi investasi di PPU, namun jumlah ini masih belum final di tahun 2016, pasalnya, pendataan belum bisa dilakukan hingga akhir tahun.

Delila mengungkapkan, dari 46 TKA tersebut paling banyak berawal dari Negara Korea Selatan berjumlah 26 Warga Negara Asing (WNA) dan bekerja di PT Balikpapan Forest Industries (BFI) yang merupakan Grup perusahaan Korea-Indonesia (Korindo) dan bergerak dalam usaha kayu lapis berlokasi di kelurahan Jenebora, kecamatan Penajam, PPU. “Kami menilai dengan bertambahnya, jumlah TKA ini menunjukan jika ada geliat dalam kegiatan investasi di wilayah PPU dimana sebelumnya sempat menurun akibat anjloknya harga batu bara dunia sehingga banyak perusahaan pertambangan yang menghentikan kegiatannya, kita berharap kondisi ini terus membaik,”kata Delila.

Ia menegaskan, dalam hal pengawasan TKA ini, pihaknya terus melakukan monitoring dan pemantauan di lapangan, guna mengantisipasi adanya TKA illegal perusahaan swasta di wilayah PPU, termasuk juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait yang ada.

Terpisah, Ketua Tim Pemantauan Dan Pengawasan Orang Asing (Timpora) PPU, Sardo Saragih, mengungkapkan, keberadaan Timpora PPU yakni untuk melakukan pema

Terpisah, Ketua Tim Pemantauan Dan Pengawasan Orang Asing (Timpora) PPU, Sardo Saragih, mengungkapkan, keberadaan Timpora PPU yakni untuk melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap keberadaan WNA dan TKA, yang berada di PPU. hingga kini kegiatan tersebut terus dilakukan, meskipun tidak didukung dengan anggaran yang memadai.

Dibeberkannya, dalam hal pengawasan TKA dan WNA ini, Timpora PPU tidak bekerja sendiri namun melakukan kerjasama dengan Kominda PPU serta lembaga lain sehingga bisa sinergis. Maksud pemantauan yang dilakukan Timpora guna mengetahui secara dini keberadaan TKA dan WNA dalam rangka perlindungan, dan peristiwa yang diduga mengandung unsur pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing tersebut. Dimana dasar hukum Timpora adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 50 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemantauan TKA di Daerah. (nav)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 week ago | dibaca 29 kali
img
korankaltim
korankaltim
2 months ago | dibaca 1.120 kali
img
korankaltim
korankaltim
2 months ago | dibaca 1.586 kali
img