Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Tenggarong Seberang Siapkan Wisata Alternatif

Tenggarong Seberang Siapkan Wisata Alternatif

TENGGARONG – Kecamatan Tenggarong Seberang menyiapkan tempat wisata pilihan untuk mendukung program pariwisata Kukar. Kehadiran obyek wisata baru di wilayah itu bisa menjadi solusi di saat pengunjung mulai bosan dengan wisata di Kota Tenggarong.
Saat ini sudah ada kawasan agrowisata di Desa Embalut. Dalam waktu tidak lama lagi, wisata alam gua Batu Gelap di Desa Suka Makmur juga akan dibenahi.
“Bisa saja suatu saat nanti pengunjung Pulau Kumala, Waduk Panji Sukarame, dan Museum Mulawarman jenuh sehingga menjadi alternatif wisata lain,” kata Camat Tenggarong Seberang, Totok Sunarto kepada Koran Kaltim, kemarin.
Gua Batu Gelap yang sudah dilirik investor hanya berjarak sekitar 39 kilometer dari Kota Samarinda. Sementara kawasan agrowisata Embalut dengan luas 10 hektare sudah dikembangkan sejak beberapa tahun lalu, yang ditanami buah-buahan lokal dan terdapat area peternakan sapi.
“Selain itu, ada danau eks tambang yang sudah ditinggalkan PT MSJ. Ini bisa kita kelola. Dengan luas 100 hektare, danau ini sangat layak dijadikan kawasan agrowisata sebagaimana yang sudah dilakukan Thailand,” jelasnya.
Wakil Ketua DPRD Kukar Rudiansyah mendukung rencana itu. Menurutnya, banyak banyak lubang eks tambang di Tenggarong Seberang yang belum dimanfaatkan secara maksimal.
Bila dikelola secara tepat, lubang eks tambang itu bisa mendatangkan pundi-pundi PAD bagi Kukar. (ran415)