Published On: Rab, Agu 28th, 2013

Tes CPNS K2 Kukar Diundur

TENGGARONG – Tes Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) melalui Kategori 2 (K2) untuk 926 tenaga honorer Kutai Kartanegara (Kukar) terancam mundur dari rencana sebelumnya. Jika tes CPNS untuk K2 sebelumnya akan dilaksanakan September, maka terancam muncur hingga November mendatang.

“Iya, saya dengan akan diundur tes CPNS untuk K2,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar, Ridha Darmawan melalui Kabid Pengadaan Pengawai, Achdeniansyah Noer, kemarin.

Meski demikian, kata Deni (Sapaan akrabnya, Red), rencana tersebut belum pasti karena masih sebatas kabar. “Itu info dari pusat,” katanya singkat.

Pemkab Kukar sendiri hanya akan menerima CPNS dari K2 karena belum mendapatkan formasi Umum dari KemenPAN dan RB.

Sebelumnya, Deni mengatakan, tenaga honorer yang bekerja hampir di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini akan mengikuti tes sekitar 20 September mendatang. Mereka akan menjalani tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

Pelaksanaan tes untuk K2, dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK). Sedangkan bagi pelamar umum dengan sistem kombinasi, LJK dan Computer Assisted Test (CAT). “923 itu adalah tenaga honorer dari kategori II, sedangkan 3 lainnya adalah limpahan dari tenaga honorer kategori I yang sebelumnya tidak lolos menjadi CPNS,”  Kata Deni.

Soal isu yang beredar bahwa honorer yang tidak lolos tes CPNS akan dihapus dari data base,  Deni mengakui belum mengetahui persis. Namun, berdasarkan intruksi BKN maka tidak boleh lagi ada penambahan tenaga honorer. “Kemungkinan yang tidak lolos itu akan dicarikan solusi, tapi bagaimana kelanjutan kedepannya belum bisa ditebak saat ini,” tuturnya.

Larangan menambah jumlah tenaga honorer ini, tambahnya, juga sudah dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Edi Damansyah.

“Jumlah PNS kita saat ini sekitar 16 ribu lebih,” ujarnya.(ami)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web