Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Tidak Ditemukan Warga Terjangkit Malaria
TES DARAH: Warga antre mengikuti uji darah massal di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu.
TES DARAH: Warga antre mengikuti uji darah massal di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu.

Tidak Ditemukan Warga Terjangkit Malaria

Uji Darah Massal di Wilayah Kerja Puskesmas Jonggon

TENGGARONG – Warga sejum-lah desa di wilayah kerja Puskesmas Jonggon, Kecamatan Loa Kulu dinyatakan negatif malaria. Hal ini diketahui dari uji sampel darah ya-ng dilakukan Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara, beberapa waktu lalu.
“Uji darah kita lakukan secara massal di Desa Sungai Payang, hasilnya tidak ditemukan masyarakat yang menderita malaria,” kata Kepala Dinkes Kukar, Koentijo Wibdarminto melalui Plh Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3L), Triatmo kepada Koran Kaltim, belum lama ini.
Menurut Triatmo, kegiatan pengambilan darah secara massal bertujuan untuk untuk menurunkan risiko penyebaran penyakit malaria di Kukar.
Wilayah kerja Puskesmas Jonggon sendiri dipilih karena rawan penyebaran penyakit malaria karena berbatasan dengan kabupaten lain, dan hutan yang luas serta pola hidup masyarakat yang belum begitu bersih.
“Kegiatan pengambilan darah secara massal dilakukan oleh Tim P2P (Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Red) kabupaten dibantu Tim P2P Puskesmas Jonggon,” jelasnya.
Triatmo menambahkan, siklus penyebaran parasit malaria melalui gigitan nyamuk yang menyebabkan demam tinggi. Penyakit ini berisiko tinggi menyebabkan kematian jika tidak diobati secara cepat. (ran415)