Breaking News
Home >> OTOMOTIF >> Tidurkan Bayi di Mobil Bisa Sebabkan Kematian
baby-in-car

Tidurkan Bayi di Mobil Bisa Sebabkan Kematian

MEMBIARKAN bayi tertidur lama di kursi mobil ternyata berpotensi mengganggu kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian.
Ini merupakan temuan terbaru para peniliti di Great Western Hospital NHS Foundation Trust, Inggris.
Para peniliti memeriksa 40 bayi, yang terdiri dari 19 bayi yang lahir di waktu normal dan 21 bayi prematur. Usia rata-ratanya 13 hari dan memiliki berat sekira 2,2 kilogram.
Mereka menguji fungsi jantung dan paru-paru bayi yang ditidurkan di kursi dengan kemiringan 40 derajat. Mereka juga menggunakan simulator di laboratorium untuk meniru efek dari tidur di kursi mobil selama perjalanan dalam kecepatan 48 kilometer per jam.
Hasilnya, setelah setengah jam perjalanan, kadar oksigen dalam darah bayi berkurang cukup signifikan, sementara detak jantungnya terus meningkat.
Seorang peneliti dari Bristol University, Fleming, mengatakan, laporan menunjukkan bayi yang dibiarkan tertidur dalam waktu lama saat perjalanan di mobil memiliki potensi mengalami gangguan pernafasan.
“Temuan kami menunjukkan, hal semacam ini (kematian) bisa saja terjadi, meskipun peristiwanya sangat langka,” ujarnya seperti dikutip dari DailyMail, Minggu, (9/10).
Fleming menambahkan, bayi yang baru lahir tidak memiliki otot untuk mendukung kepala mereka. Selain itu, tidur di kursi mobil dapat mendorong kepala bayi ke depan dan menghambat jalan napas. Karenanya, jika orangtua terpaksa mengajak bayi berpergian dalam waktu lama disarankan untuk sering mengecek kondisinya.
Penggunaan kursi bayi tak dilarang karena terkait dengan keselamatan berkendara, tetapi harus dipastikan posisi tidurnya sudah baik atau sebisa mungkin berada bersama orangtuanya. (okc)