Breaking News
Home >> Bontang - Kutim >> Tiga Pembakar Rumah Diringkus Polisi

Tiga Pembakar Rumah Diringkus Polisi

SANGATTA – Polres Kutai Timur (Kutim) akhirnya meringkus dua pelaku pembakar rumah barakan di RT 58, Jalan Jendral Sudirman, Sangatta Utara. Mereka adalah Sr (18) dan Re (28), tercatat sebagai warga Sangatta Utara yang juga merupakan penghuni bangsalan.
“Iya, kita sudah berhasil mengamankan kedua pelaku yang telah melakukan pembakaran rumah barakan di Jalan Jendral Sudirman, Senin (10/10). Mereka sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” kata Kasat Reskrim AKP Andika Dharma Sena, Kamis (13/10).
Diterangkan Andika, tersangka Sr diamankan Selasa (12/10) lalu. Sementara tersangka Sn diamankan, Rabu (28/10) sore. Keduanya diringkus dari lokasi persembunyiannya, di Sangatta Utara.
“Setelah kita amankan dan periksa, kedua tersangka mengakui kalau mereka lah yang membakar rumah bangsalan itu. Selain kedua tersangka, masih ada satu tersangka lainnya lagi yang masih buron. Dan saat ini, tersangka sedang kita lakukan pengejaran,” terangnya.
Adapun motif dari para pelaku sehingga nekat membakar tiga rumah barakan tersebut, lanjutnya, semata-mata karena sakit hati. Selain itu, ketika kejadian, para tersangka sedang dibawa pengaruh minuman beralkohol.
“Mereka itu kan punya tunggakan kontrakan. Kemudian diusir oleh pemilik rumah. Nah, melihat baju-baju mereka sudah dikeluarkan, dan akibat pengaruh alkohol, sepintas mereka langsung ingin membakar. Mereka kemudian membeli bensin dan membakar rumah itu,” bebernya.
Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, kedua tersangka hingga kemarin siang masih menjalani proses pemeriksaan intensif dari penyidik kepolisian. Rencananya, semua pihak-pihak terkait akan dipanggil lagi untuk dimintai keterangannya.
“Tersangka masih terus kita periksa. Kemudian kasus ini masih kita selidiki terus. Kemungkinan, semua saksi-saksi masih akan kita kita periksa lagi. Karena memang masih ada saksi yang perlu kita mintai keterangan,” sebutnya.
Adapun pasal yang disanksikan kepada para tersangka, lanjut Andika yakni pasal 187 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). “Dalam pasal tersebut disebutkan, barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan, atau banjir, maka dipidana penjara 12 tahun,” tegasnya.
Untuk diketahui, sebanyak 40 pintu dari tiga rumah barakan di Jalan Jendral Sudirman RT 58 Sangatta Utara, Senin (10/10) malam ludes dilalap si jago merah. Tak hanya itu, tiga rumah pribadi yang bersebelahan dengan bangunan bangsalan tersebut pun ikut hangus. Akibat kebakaran tersebut, kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta.
Informasi dihimpun, api mulai berkobar sekira pukul 23.15 WITa di sebuah rumah bangsalan kosong milik Muhammad Dalid. Dengan cepat api menyebar ke bangunan lain, yang terbuat dari kayu, hingga merembet ke rumah tiga rumah lainnya yang hanya berjarak beberapa meter. (sab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*