Breaking News
Home >> Samarinda >> Tiga Raperda jadi Perda dalam Sehari

Tiga Raperda jadi Perda dalam Sehari

SENIN (21/11) kemarin, tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) disahkan jadi Perda sekaligus dalam sehari usai digelarnya rapat paripurna DPRD Samarinda ke 11 masa sidang ke tiga 2016 di Rumah Jabatan Walikota Jalan Letjen S Parman.
Tiga Perda yang disahkan kemarin antara lain izin usaha konstruksi, pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman dan perumahan kumuh dan Perda pedoman pembentukan produk hukum.
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Samarinda, Jasno mengungkapkan pihaknya mengusulkan satu diantara tiga perda yang ada “Raperda yang kami usulkan jadi perda itu tentang pedoman pembentukan produk hukum.
Yang pasti ketiga perda ini bertujuan memberi perlindungan serta mendorong pembangunan di Samarinda,” ujar Jasno.
Dengan pengesahan ketiga perda ini diharapkan prasyarat campur tangan pemerintah pusat ke Kota Tepian salah satunya perda perumahan kumuh. “Dengan adanya perda ini kedepan penkot akan mendapat bantuan APBN untuk penataan kembali dengan merelokasi semua warga di kawasan kumuh.
Selain itu, kawasan kumuh di Samarinda akan disulap menjadi kawasan hijau,” papar Jasno. “Untuk perda izin usaha konstruksi diperlukan agar Pemkot Samarinda bisa mengawasi setiap perusahaan untuk wajib memiliki kantor di Samarinda dari manapun asalnya,” tegas Jasno.
Sementara Pj Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Hermanto menambahkan, ketiga perda ini akan menjamin setiap warga punya hak untuk hidup d kawasan sehat sebagai salah satu upaya dalam membangun manusia yang baik.
“Jasa konstruksi itu penting dalam bangun pembangunan daerah sedangkan Raperda pedoman pembantukan hukum merupakan landasan, wewenang setiap unsur. Sehingga bentuk harus selaras dengan pemenrintahan daerah,” pungkas Hermanto. (ms315)