Home >> Hukum & Kriminal >> Tim SAR Gabungan Evakuasi Penumpang Pesawat
SIMULASI : Petugas SAR tengah melakukan evakuasi terhadap penumpang pesawat yang tergelincir
SIMULASI : Petugas SAR tengah melakukan evakuasi terhadap penumpang pesawat yang tergelincir

Tim SAR Gabungan Evakuasi Penumpang Pesawat

BALIKPAPAN-Tim SAR gabungan dari Basarnas Balikpapan, TNI AU serta penggiat rescue Balikpapan melakukan evakuasi terhadap penumpang pesawat yang melakukan pendaratan darurat di laut Balikpapan, Selasa (29/11) pagi.
Pendaratan darurat sebuah pesawat perintis tidak jauh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, lantaran jarak pandang pilot dengan landasan tertutup asap pekat.
Mendapatkan informasi tersebut Tim SAR gabungan langsung mendatangi Last Known Position (LKP) atau posisi survivor ditemukan.
Unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman api yang membakar sebagian sayap pesawat. Selain itu tim dari Basarnas , TNI AU serta Aviation Security (Avsec) Bandara melakukana evakuasi terhadap belasan penumpang dan kru pesawat.
Satu persatu penumpang dan kru diturunkan dari bangkai pesawat ke rescue boat milik Angkasa Pura I selanjutnya ditangani oleh tim medis. Proses evakuasi berlangsung cepat selain itu korban jiwa dan luka serius. Simulasi tersebut merupakan materi guna meningkatan kemampuan personil emergency dalam penanganan situasi darurat. “Simulasi Hotdrill II tahun ini dilakukan rutin setiap tahunnya oleh Airport Rescue and fire fighting di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan agar selalu sigap dalam menghadapi segala situasi seperti dalam simulasi,” beber CO GM Angkasa Pura I, Sulkan.
Dia menambahkan pelaksanaan simulasi diikuti oleh stakeholder.”Kami dibantu dari TNI AU, Basarnas, KKP dan rekan-rekan lainya,”tandasnya.(yud)