Dipublish: 6 Maret 2013, 23:13

Tingkatkan Mutu Pendidikan, PGRI Gelar Seminar

PENAJAM – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,  sebanyak 2.475 guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  Kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU),  Rabu siang (6/3)  kemarin, mengikuti pergelaran seminar pendidikan bertema peranan guru dalam peningkatan pendidikan menuju pendidikan gratis dan berkualitas yang diprakasai PGRI PPU.
Bupati PPU Andi Harahap,  sebelum  membuka kegiatan dalam sambutan, mengatakan, salah satu program prioritas pembangunan yang sudah berjalan sejak tahun 2008, yaitu penyelenggaraan pendidikan gratis 12 tahun, yang bertujuan peningkatan kualitas sumber daya manusia berbasis kompetensi terus mengalami perkembangan.
Untuk mewujudkan misi tersebut, terangnya,  selain menyediakan fasilitas  pendidikan juga telah membebaskan biaya pendidikan mulai SD hingga SMA dan SMK, bahkan bagi siswa yang berprestasi diberikan perhatian khusus hingga keperguruan tinggi. Pemberian biaya pendidikan secara gratis, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi seluruh anak usia sekolah mendapat pendidikan, sehingga mampu menghadapi persaingan global yang  semakin ketat dan penuh tantangan.
Menurutnya, pendidikan bukan hanya merupakan kebutuhan dasar, namun merupakan hak setiap warga masyarakat, pemerintah juga terus meningkatakan kualitas dan kompetensi guru dengan memberikan pelatihan, bimbingan teknis seperti seminar kali ini.
“Saya merasa bersyukur daerah kita tidak kalah dengan daerah lainnya, masalah pendidikan, siswa kita juga bisa bersaing dikanca provinsi maupun nasional,” kata bupati.
Pada kesempatan sama, Ketua PGRI PPU, Rahman Nurhadi meminta, kepada kepala sekolah dan guru terus memacu kualitas terutama menjelang pelaksanaan Ujian Nasional. Saat  ini kesejahteraan para guru terus ditambah, oleh karena itu dirinya meminta kualitas pendidikan  juga harus lebih baik. “Menghadapi kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan, harus banyak belajar dan disikapi dengan positif,” kata Rahman (nav)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger