Home >> Bontang - Kutim >> Tingkatkan Pelayanan, Dirut Pantau PDAM Cabang

Tingkatkan Pelayanan, Dirut Pantau PDAM Cabang

SANGATTA – Untuk meningkatkan cakupan pelayanan di PDAM cabang, Minggu (20/11) lalu, Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Aji Mirni Mawarni bersama dewan pengawas melakukan monitoring di PDAM cabang.
Menurut dia, kegiatan menitoring itu, berkaitan dengan key performance indicator (KPI) PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Tahun 2016, dimana setiap PDAM cabang telah memiliki target kinerja dan pelayanan yang harus dicapai pada tahun ini.
“Monitoring ini bertujuan mengevaluasi kinerja dan pelayanan PDAM cabang atau unit apakah mampu mencapai target yang telah disepakati pada akhir 2016 dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi masing-masing PDAM cabang atauunit dalam mencapai target tersebut. Terutama dalam peningkatan cakupan pelayanan,” kata Aji, baru-baru ini.
Dia menerangkan, monitoring PDAM cabang tahap pertama dilakukan di empat PDAM cabang unit, diantaranya PDAM cabang Rantau Pulung, PDAM cabang Telen dan PDAM Cabang Kongbeng, serta PDAM Cabang Muara Wahau (Unit I dan Unit II).
Dari hasil monitoring di PDAM cabang Rantau Pulung, kata Mawar, PDAM cabang tersebut memiliki kapasitas terpasang 5 liter per detik dengan melayani 158 pelanggan. Dan target penambahan pelanggan tahun 2016 adalah 75 sambungan rumah (SR) sedangkan penambahan pelanggaan baru sampai saat ini hanya 9 pelanggan.
“Kendalanya karena ada beberapa titik kebocoran yang harus diperbaiki pada pipa induk, sehingga jaringan sekunder ke wilayah SP3 dan jaringan tersier di wilayah SP3 yang baru dipasang belum bisa diuji coba,” terang Mawar.
Meski begitu, PDAM Cabang Rantau Pulung, kata dia, sudah melakukan perbaikan di dua titik kebocoran pipa dan 16 titik kebocoran pipa sekunder dan tersier (baru) jalur ke SP3, sehingga dengan tekanan yang maksimal, PDAM Cabang Rantau Pulung sudah siap melayani Wilayah SP3.
“Ada potensi sekitar 200 pelanggan di wilayah tersebut, namun diperkirakan hingga akhir tahun 2016 baru akan terpasang sekitar 100 pelanggan dengan sistem ‘jemput bola’ ke rumah-rumah calon pelanggan agar tercapai target penambahan pelanggan tahun ini,” katanya.
Sementara hasil monitoring, di PDAM Cabang Telen yang memiliki kapasitas terpasang 10 liter perdetik dan melayani 332 pelanggan tersebut, lanjut Mawar, target penambahan pelanggan tahun 2016 adalah 50 SR sedangkan penambahan pelanggaan baru sampai saat ini hanya 13 pelanggan.
“Kendala yang ada adalah potensi pelanggan yang sedikit tidak sebanding dengan tersedianya kapasitas terpasang, sedangkan desa terdekat letaknya diatas 15 Kilometer dari desa yang sudah terlayani,” sebutnya. (sab)