Breaking News
Home >> OTOMOTIF >> Tips Afuk Agar Moge Tetap Sehat
lfv4cyk3-gyn

Tips Afuk Agar Moge Tetap Sehat

TENGGARONG – Pecinta Motor Gede (Moge) biasanya mereka yang gemar utak-atik otomotif. Modifikasi agar lebih sangar sudah barang tentu jadi menu utama. Tapi, perlu diingat juga, kesehatan dan keamanan kendaraan harus tetap menjadi nomor wahid agar senantiasa nyaman selama berkendara.
Bagi pemilik baru mungkin motor tak memiliki segudang masalah. Menurut Afuk, Ketua One Squad Tenggarong yang perlu perawatan justru mereka yang memiiki motor yang sudah berusia senja atau motor yang sudah di bongkar pasang.
“Jika anda punya motor besar yang baru dibeli dari dealer itu masih minim masalah, kecuali anda orangnya suka iseng membongkar motor,” katanya kepada media ini, Senin (28/11) kemarin.
Dia mengatakan motor besar yang masih baru hanya perlu servis rutin seperti ganti oli, pembersihan filter oli, dan air radiator. Tapi khusus bagi pengendara motor besar yang memang menyukai modifikasi motor apalagi motor sering digunakan untuk touring, alangkah baiknya jika dimodifikasi dengan perlengkapan safety.
Ada beberapa jenis perlengkapan motor yang dibuat untuk keamanan dan kesehatan motor dan pengendara. Pertama, gunakan air radiator yang cocok. Kuras air radiator setiap 5.000 km. Pengguna motor besar sering menggunakan air radiator yang mampu menahan panas mesin hingga suhu 125 celcius.
“Jangan pernah mencampur air radiator dengan air mineral atau air biasa. Ini bisa menyebabkan pendinginan mesin menjadi tidak maksimal hingga menyebabkan kerusakan,” ujar Afuk.
Kedua, ban standar pabrik cukup bagus digunakan oleh pengguna motor besar yang menggunakan motornya untuk sehari – hari. Jika untuk touring, lebih baik ganti ban anda dengan ban jenis wet and dry (basah dan kering).
Ketiga, Afuk mengatakan ada beberapa jenis filter oli yang cukup bagus untuk motor besar. Untuk jenis motor besar bisa menggunakan filter oli merk K&N. Pemilihan merk K&N ini selain dikarenakan kualitasnya yang cukup bagus, filternya juga bisa dicuci sehingga bisa lebih awet.
Keempat, frame Slider ini dipasang untuk melindungi body motor jika pengendara mengalami kecelakaan. Axle Slider dipasang pada bagian as roda depan untuk melindungi pelang roda motor. Ada juga rear slider yang biasa digunakan untuk motor seperti Kawasaki Ninja 250, Honda CBR 250 dan Yamaha R25. Sedangkan untuk motor sejenis CB650F dan jenis diatasnya, tidak menyediakan rear slider karena sudah ada spool paddock.
Terakhir, kelima pembungkus mesin yang terbuat dari plastik keras ini juga diperlukan untuk melindungi mesin agar tidak lecet atau rusak saat terjadi kecelakaan. “Daripada mesin kita rusak hingga harus membongkar habis, lebih baik pasang Engine Cover agar terhindar dari kerusakan semacam itu,” kata Afuk.
Selain lima hal di atas ada beberapa benda lagi yang wajib digunakan pengendara motor gede yang memiliki hobby touring seperti jaket, pelindung lutut, sepatu touring dan tentunya helm.
“Untuk harga dari komponen diatas, bisa disesuaikan dengan kantong anda masing – masing, karena tentunya 5 hal diatas memiliki harga yang berbeda – beda tergantung kualitas. Namun jika ditinjau kegunaannya, saya rasa tidak ada yang mahal jika menyangkut masalah keselamatan berkendara,” tutup Afuk. (ted1116)