Breaking News
Home >> Gaya hidup >> Tips Menjaga Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak
SENDA gurau ibu dan anak (NET)
SENDA gurau ibu dan anak (NET)

Tips Menjaga Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

PENYAKIT memang tidak pernah memandang umur dan gender. Baik anak kecil dan dewasa, bisa saja tertular penyakit. Bagi anda, anak tentu menjadi perhatian ekstra agar tidak mudah jatuh sakit.
dr Adam, salah seorang dokter umum di Tenggarong, Kutai Kartanegara, berbagi tips-nya agar anak tetap tumbuh sehat, terhindar dari risiko penyakit ;
1. Jaga Kebersihan dan Lingkungan
Hal ini sudah banyak disosialisasikan oleh Dinas – Dinas Kesehatan di berbagai kota. Menurut Adam persoalan kesehatan, menjadi tanggungjawab bersama, termasuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.
2. Kurangi Makanan Ringan Untuk Anak Kecil
Didalam makanan ringan yang disukai anak – anak, biasanya terdapat bahan makanan yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Pengawet, pemanis, pewarna buatan pada makanan ringan tidak baik dikonsumsi untuk anak terus menerus. Sebaiknya, mesti dikurangi.
3. Amati Fisik dan Mental Anak
“Bagaimana seorang anak berperilaku, baik di sekolah maupun dirumah, bisa digunakan sebagai petunjuk bagi orang tua untuk mengetahui kondisi sang anak. Selain itu, orang tua juga wajib memperhatikan berat badan dan tinggi anak. Jika dirasa ada yang tidak beres, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.
4. Jangan Lupa Vaksinasi Anak
Beberapa puskesmas sudah menyediakan vaksin bagi anak. Biasanya berlangsung sekali dalam seminggu, diadakan vaksinasi kepada anak – anak yang sedang bertumbuh kembang. Vaksin digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.
5. Segera ke Puskesmas
Mengobati seorang anak dengan obat yang dijual di toko – toko terdekat, bisa dilakukan sebagai tahap awal pengobatan. Namun jika sudah diobati selama tiga hari dan sakit si anak masih berlangsung, segera bawa ke Puskesmas terdekat, atau ke dokter. (ted1116)