Home >> Akademika >> Di TK Dahlia, Bayar SPP Pakai Sampah
MANFAATKAN SAMPAH: Di TK ini, anak-anak dibiasakan untuk memanfaatkan sampah dan peduli pada lingkungan
MANFAATKAN SAMPAH: Di TK ini, anak-anak dibiasakan untuk memanfaatkan sampah dan peduli pada lingkungan

Di TK Dahlia, Bayar SPP Pakai Sampah

TENGGARONG – Keberadaan TK Dahlia sekilas sama dengan sekolah umumnya. Namun ada yang unik, karena siswa di sekolah ini membayar uang sekolah menggunakan sampah.
Sekolah yang berlokasi di Kilometer 8 Kelurahan Jahab Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini diketahui tidak membebankan biaya sekolah (SPP) dengan uang sepenuhnya.
“Disini memang sejak awal, membayar SPP nya menggunakan uang hasil sampah, untuk meringankan beban orang tua setiap bulannya,” ungkap Sri Lestari pemilik Sekolah TK Dahlia kepada Koran Kaltim Jumat (25/11).
Menurut Sri, selain meringankan beban orang tua murid untuk membayar SPP setiap bulannya, bank sampah didirikan untuk mengedukasi para murid menjaga lingkungan dari sampah.
Tidak hanya SPP yang dibayar menggunakan sampah, namun juga segala sesuatu dari sekolah yang wajib untuk dibeli juga bisa dibayar menggunakan sampah.
“Kita lebih membantu untuk meringankan beban orang tua. Daripada sampah yang ada di sekitar rumah dibuang, alangkah lebih baik dikumpulkan dan dibawa ke seolah,”ungkapnya.
Langkah ini sekaligus menjadi upaya menumbuhkan kesadaran lingkungan sejak dini. “Anak-anak telah terbiasa untuk memungut sampah di jalanan yang nantinya diberikan kepada orang tuanya untuk dibawa ke sekolah. Mereka mulai peduli lingkungan dan juga belajar untuk hidup lebih sehat,” kata Sri.(yul1116)