Home >> Berau - Kubar >> Tokoh Masyarakat Dibekali Pemahaman HAM

Tokoh Masyarakat Dibekali Pemahaman HAM

SENDAWAR – Guna mengetahui dan memahami arti dan fungsi Hak Asasi Manusia (HAM), sebagai hak dasar dalam hidup setiap manusia, belum lama ini Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Kaltim, melakukan diseminasi atau kegiatan memberi pemahaman tentang HAM, bagi para tokoh masyarakat di Kabupaten Kutai Barat.
“HAM adalah kodrat yang bersifat langgeng, universal, dan hakiki melekat pada setiap manusia, baik dalam kehidupan sosial, budaya dan masyarakat,” kata Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, dalam sambutannya pada acara itu di ruang pertemuan Lantai III Kantor Bupati, di Sendawar.
Dia menambahkan, penyelenggaraan pemerintah dewasa ini dilandasi dengan HAM. Disampaikan Arkan, kesadaran akan HAM tersebut dapat diawali dengan pemahaman makna Bhinneka Tunggal Ika.
“Kubar terdiri 6 etnis yang menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman hidup berdampingan dengan damai, termasuk dalam penghormatan dan perlindungan HAM,” terangnya.
Dalam kesempatan itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dari Kanwil Kemenkumham Kaltim Amru Walid Batubara menjelaskan, sosialisasi tersebut sebagai kewajiban, agar masyarakat paham arti HAM. “Dengan kegiatan ini agar masyarakat tahu dan paham akan HAM,” singkatnya. (sam)